(Beritadaerah – Wisata Nusantara) Kalau kita lihat tampilannya sepertinya sederhana, namun kalau sudah mencicip pasti jadi jatuh hati.  Namanya Sambal Rusip, asalnya dari Bangka Belitung. Sambal Rusip adalah masakan tradisional Bangka.  Sambal ini terbuat dari ikan segar yang difermentasikan biasanya ikan teri.

Teri, bahan utama Sambal Rusip Khas Bangka (Foto: Junita/ Kontributor Beritadaerah)

Masakan ini sangat disukai oleh masyarakat Bangka, biasanya dimakan dengan daun singkong rebus, mentimun atau lalapan lainnya. Awalnya merupakan makanan rumahan, namun sekarang menjadi salah satu oleh-oleh khas Bangka Belitung yang banyak dijumpai di toko oleh-oleh di kota Bangka Belitung. Harga per botol berkisar Rp 15.000,- sampai Rp 20.000,-

Kemasan Sambal Rusip Khas Bangka dalam botol (Foto: Junita/ Kontributor Beritadaerah)

Bahan dasar untuk membuat Sambal Rusip adalah ikan teri segar, garam dan gula aren.  Cara membuatnya adalah dengan membersihkan ikan teri dari kotorannya dan kepalanya dibuang.  Setelah bersih, ikan dicampur dengan garam dan disimpan dalam wadah tertutup selama semalam.  Selanjutnya ikan dan garam ditambahkan dengan air gula aren lalu disimpan dalam wadah tertutup selama kurang lebih 1 minggu.  Bila telah mengalami fermentasi dan menghasilkan aroma yang khas dan rasa asam, Sambal Rusip siap untuk dikonsumsi atau bisa juga dimasak terlebih dahulu tergantung selera. Anda dapat menambahkan bawang merah, cabe merah dan jeruk nipis jika suka.

Selamat mencoba.

Elfi Manao/Journalist/BD
Editor: Emy Trimahanani

About The Author

Editor of Vibiz Media Network and Head of Vibiz Learning Center

Related Posts