Ilustrasi Bawang Merah (Foto: Varun Gaba Unsplash)

Harga-Harga Komoditas di Palembang Sumatera Selatan

(Beritadaerah – Komoditi) Dari Palembang, kota terpadat di Sumatera setelah Medan, diberitakan bahwa harga bawang merah yang sebelumnya naik berkisar Rp25.000 hingga Rp30.000 per kilogram kini turun hanya Rp18.000 per kilonya. Pedagang mengaku turunnya harga bawang merah ini akibat daya beli masyarakat yang turun, pedagang tak berani mengambil persediaan komoditas ini terlalu banyak dari penyuplai. Alasannya mereka khawatir bawang merah akan busuk akibat tak laku karena penurunan daya beli masyarakat yang terjadi hampir 2 bulan ini.

Tidak hanya pada bawang merah namun juga sejumlah komoditas lainnya seperti telur dan daging juga mengalami kondisi yang sama. Tapi ada juga beberapa komoditas yang mengalami kenaikan karena ketersediaan terbatas seperti bawang putih yang naik menjadi Rp25.000 dari sebelumnya Rp18.000 per kg.

Kota Palembang dengan luas wilayah 400,61 km persegi ini dihuni oleh lebih dari 1,8 juta penduduk. Palembang juga merupakan kota terpadat kesembilan di Indonesia, dan kesembilan belas di Asia Tenggara.  Karena hasil pertanian dan perkebunannya, Palembang menjadi salah satu pasar komoditas pertanian, dan naik turunnya harga dipengaruhi oleh daya beli masyarakat yang tinggal disana.

About Fadjar Dewanto

Editor in Chief Vibiz Media Network, Coordinating Partner of Business Advisory Vibiz Consulting.