(Beritadaerah – Industri & Jasa) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyelenggarakan pameran perumahan secara virtual yang dapat diakses melalui daring. Masyarakat dapat melihat pameran hanya dengan menggunakan gawainya di situs www.hapernas20.com

“Pemanfaatan teknologi harus memberikan nilai tambah bagi pelaksanaan pembangunan infrastruktur, bukan sekedar ikut-ikutan atau mengikuti tren sesaat. Untuk terus menuju ke arah e-learning, maka harus disiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang dapat menggunakan teknologi informasi,” kata Menteri PUPR Basuki Hadimuljono melalui siaran pers yang diterima Sabtu (22/8/2020).

Pameran virtual perumahan ini juga berkesinambungan dengan aplikasi Sistem Informasi KPR Subsidi Perumahan alias SiKasep milik Kementerian PUPR yang dapat diunduh langsung melalui aplikasi Play Store, sehingga masyarakat dapat mudah mendapatkan informasi tentang pembiayaan perumahan.

Dalam kegiatan virtual tersebut akan melibatkan 13 Bank Pelaksana penyalur dana program subsidi perumahan yakni Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP) dan Subsidi Selisih Bunga (SSB) serta 170 pengembang perumahan subsidi dan Perum Perumnas. Ketigabelas Bank Pelaksana tersebut adalah Bank BTN, BTN Syariah, BNI, Mandiri, BRI, BRIS, BJB, Jatim Syariah, Kalsel Syariah, Sumsel Babel, Sulteng, Riau Kepri dan NTB Syariah.

“Pameran virtual ini merupakan pameran pertama yang dilaksanakan di Indonesia untuk perumahan subsidi. Masyarakat dengan kondisi Pandemi Covid-19 ini tidak perlu harus keluar rumah untuk melihat pameran, cukup dengan mengakses link pameran kami, masyarakat di seluruh Indonesia sudah bisa melihat rumah yang diinginkan dan memilih bank pelaksana yang sesuai dengan keinginan mereka,” ujar Arief Sabaruddin-Ketua Sub Bidang Pameran Foto.

Selama pelaksanaan pameran juga akan diselenggarakan akad massal untuk kepemilikan rumah subsidi sebanyak 16.180 calon debitur pada Program FLPP dan SSB terhitung dari 1–25 Agustus 2020. Rinciannya adalah 10.917 unit SSB dan 5.263 unit FLPP yang disalurkan melalui 13 bank pelaksana. Terhitung hingga Rabu (19/8/2020), dana pembiayaan FLPP tahun 2020 yang telah disalurkan sebanyak 84.080 unit senilai Rp 8,54 triliun. Sehingga total penyaluran dana FLPP dari tahun 2010 – 2020 sebanyak 739.682 unit senilai Rp52,91 triliun.

 

Emy T/Journalist/BD
Editor: Emy Trimahanani