(Beritadaerah – Industri & Jasa) Karya putra Indonesia pesawat N250 Gatot Kaca dibawa ke museum pusat Dirgantara Mandala Yogyakarta. Karya dari presiden ketiga RI BJ Habibie, tidak lagi di produksi setelah krisis ekonomi 1998. N250 Gatotkaca jadi kebanggaan Indonesia rancangan Bacharuddin Jusuf Habibie atau BJ Habibie telah ditinjau oleh Presiden Soeharto di pabriknya IPTN atau Dirgantara Indonesia pada 1995.

Pertama kali pesawat diterbangkan negara Indonesia, namun karena krisis ekonomi 1998 karya kebanggaan ini tak lagi diteruskan, masa proyek pembuatan pesawat dihentikan dan kini setelah puluhan tahun pesawat itu masuk museum pusat Dirgantara Mandala di Yogyakarta. Dikirim dari PT Dirgantara Indonesia di Bandung melalui jalan darat ke Yogyakarta.

Pesawat N-250 adalah pesawat penumpang sipil (airliner) regional komuter turboprop rancangan asli IPTN (Sekarang PT Dirgantara Indonesia,PT DI, Indonesian Aerospace), Indonesia. Menggunakan kode N yang berarti Nusantara menunjukkan bahwa desain, produksi dan perhitungannya dikerjakan di Indonesia atau bahkan Nurtanio, yang merupakan pendiri dan perintis industri penerbangan di Indonesia. Berbeda dengan pesawat sebelumnya seperti CN-235 di mana kode CN menunjukkan CASA-Nusantara atau CASA-Nurtanio, yang berarti pesawat itu dikerjakan secara patungan antara perusahaan CASA Spanyol dengan IPTN.

About The Author

Editor in Chief Vibiz Media Network, Coordinating Partner of Business Advisory Vibiz Consulting.

Related Posts