Jeruk Kalamsi dari Bengkulu (Foto: Elia / Kontributor Beritadaerah)

Jeruk Kalamansi Bengkulu Miliki Daya Jual Tinggi

(Beritadaerah – Komoditi) Bila Anda berkesempatan berkunjung ke Bengkulu, Sumatera, maka Anda akan menemui salah satu produk lokal yang kerap menjadi oleh-oleh, yaitu Sirup Kalamansi. Sirup manis dan segar ini disarikan dari buah jeruk Kalamansi. Jeruk Kalamansi merupakan satu produk lokal yang dicanangkan sebagai produk unggulan di Bengkulu.

Pemerintah Provinsi Bengkulu mendukung pengembangan budidaya jeruk ini karena jeruk Kalamansi memiliki daya jual yang tinggi dan masa tanam yang relatif singkat (6 bulan sejak masa tanam).

Jeruk Kalamsi dari Bengkulu, matang di pohon (Foto: Elia/ Kontributor Beritadaerah)

Beberapa tahun yang lalu, ketika penulis berkesempatan mengunjungi salah satu lahan pertanian yang dimiliki oleh sebuah pabrik pembuat sirup Kalamansi. Memang tampak pohon-pohon jeruk Kalamansi tumbuh bagus dengan ketinggian rata-rata 2 – 7 m. Buah jeruk ini memiliki ciri khas kulit dengan permukaan halus dan berpori minyak, berwarna hijau kekuning-kuningan, dan menjadi sangat kuning ketika sudah matang.

Panen buah jeruk Kalamansi akan melimpah jika tiba pada musim musim panas, sebaliknya panen akan menurun jika memasuki musim hujan.

Jeruk Kalamansi memiliki bau yang harum, dan rasa yang asam ketika sudah masak dan pahit ketika masih mentah. Ketika sudah dijadikan sirup, dapat disajikan dengan 2 cara yaitu hangat atau dingin. Jika pilih yang dingin dan diminum di siang hari yang panas terik, sangat pas, rasanya nikmat dan segar sekali.

Suzana/Journalist/BD
Editor: Emy Trimahanani

About Emy Trimahanani

Editor of Vibiz Media Network and Head of Vibiz Learning Center