Indonesia Triathlon Series Mandalika 2020 Secara Virtual Kembali Digelar

(Beritadaerah – Lombok) Event lari bertajuk Virtual Reality (VR) Run Series 2020 dengan tema destinasi wisata prioritas Mandalika – Nusa Tenggara Barat pada 24-30 Agustus 2020 kembali digelar. Terkait hal tersebut Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf) mendukung pelaksanaan event yang kedua ini.

Pihaknya menyambut baik terselenggaranya event virtual yang merupakan salah satu proposal virtual event terbaik dari Program Virtual Event: Best Practices and Ideas yang diadakan oleh Kemenparekraf RI bekerja sama dengan Australian Marketing Institut (AMI) pada Mei 2020 lalu, demikian pernyataan dari Deputi Bidang Produkwisata dan Penyelenggara Kegiatan (Events), Rizki Handayani, dalam pernyataanya di Jakarta, Rabu (19/8).

“Sebagai event olahraga virtual, VR Run Series Mandalika 2020 diharapkan dapat berkontribusi dalam memperkenalkan potensi wisata olahraga di Mandalika, dan wisatawan dapat merasakannya secara langsung apabila kondisi sudah memungkinkan untuk berlibur,” ujar Rizki Handayani dalam siaran persnya kepada Beritadaerah.co.id, Kamis (20/8).

Rizki juga menjelaskan, Triathlon merupakan  segmen pasar yang tepat untuk mengembangkan wisata olahraga, karena selama ini olahraga renang, bersepeda, dan lari termasuk olahraga yang sangat difavoritkan. Hal tersebut tidak susah didapatkan di Indonesia.

VR Run Series Mandalika 2020 diselenggarakan oleh Indonesia Triathlon Series (ITS) dan didukung penuh oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Ajang olahraga virtual ini merupakan bentuk komitmen ITS untuk mendukung sektor pariwisata Indonesia melalui olahraga.

VR Run Series Mandalika 2020 berlangsung pada 24-30 Agustus 2020. Peserta dapat memilih berlari pada seri 10K atau 21K selama periode perlombaan tersebut. Event lari virtual ini merupakan seri kedua dari total tiga rangkaian VR Run tahun ini. VR Run pertama berlangsung pada Mei 2020.

Sementara VR Run ketiga akan dilaksanakan pada Oktober 2020. Dengan mengikuti ketiga event ini secara lengkap, peserta berkesempatan mendapatkan tiga bagian medali yang bisa digabungkan menjadi satu. Pendaftaran untuk VR Run Series Mandalika 2020 sendiri sudah dibuka sejak 17 Agustus 2020 di www.triathlonseries.id.

Kawasan Mandalika ditetapkan didalam Peraturan Pemerintah Nomor 52 Tahun 2014 untuk menjadi Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata. Kawasan Mandalika menawarkan wisata bahari dengan pesona pantai dan bawah laut yang memukau. Konsep pengembangan pariwisata ini berwawasan lingkungan dengan pembangunan obyek-obyek wisata dan daya tarik wisata yang selalu berorientasi kepada kelestarian nilai dan kualitas lingkungan hidup yang ada di masyarakat. Berbagai event internasional disiapkan salah satunya adalah penyelenggaraan MotoGP tahun 2021.

Handi Fu/Journalist/BD
Editor: Handi Fu

About Fu Handi

Fu Handi is a Partner of Management and Technology Services at Vibiz Consulting and Editor of beritadaerah.co.id. He is also working as trainer and consultant at LEPMIDA (Regional Investment and Management Development Institute).