Agrowisata Klengkeng (Foto: Dinas Pertanian Kab. Grobogan)

Agrowisata Buah Klengkeng Grobogan Jawa Tengah

(Beritadaerah – Jawa Tengah) Lahan kritis seluas 5 hektar di Grobogan Jawa Tengah diubah menjadi lokasi wisata buah lengkeng, jadi budidaya lengkeng. Warga bisa menikmati buah dari tanah sendiri ketimbang buah impor. Muhammad Puji Hendrianto atau Puji merasa prihatin buah lengkeng yang menguasai pasaran merupakan hasil impor, ia ingin merasakan lengkeng yang ditanam di negeri sendiri.

5 hektar lahan yang diubah menjadi lahan budidaya buah lengkeng sejak tahun 2013. Lahan tersebut kini sangat produktif, awalnya ini banyak diragukan oleh warga desa, lantaran ia memanfaatkan lahan kritis. Namun berkat ketekunan dan semangat bertani, budidaya buah lengkeng berbuah manis varietas yang ia kembangkan sejak tahun 2017 mulai berbuah dan menariknya ia mengajak warga untuk mengelola lahan kritis.

Untuk saat ini yang sudah berbuah 5 hektar, hanya ada perluasan lagi yang baru ini ada 20 hektar yang masih kecil-kecil buahnya, mampu menghasilkan buah sebanyak 50 hingga 100 kg saat ini. Puji mengelola 5.000 pohon di lahan seluas 5 hektar wisata di Kabupaten Grobogan.

Warga juga bisa membawa pulang buah lengkeng untuk dijadikan oleh-oleh harga lengkeng per kg nya Rp 35.000, selain mengangkat potensi desa buah lengkeng Puji juga memberdayakan warga sekitar Desa Sumberagung menjadi sentra penghasilan dan menjadi badan usaha milik desa.