(Beritadaerah – Wisata Nasional) Kaliurang yang secara harfiah dalam bahasa Indonesia berarti “Sungai Udang”, adalah sebuah tempat wisata yang terletak di Yogyakarta, persisnya di Kabupaten Sleman, di perbatasan dengan provinsi Jawa Tengah. Secara administratif, Kaliurang terletak di Desa Hargobinangun, Kecamatan Pakem, Sleman.

Lokasi Kaliurang dekat dengan Gunung Merapi. Sebab itu Kaliurang menjadi pilihan wisata alam yang menarik karena ada di dataran tinggi dan udaranya yang sejuk. Jika ingin berelaksasi dari kepenatan kota, maka wisata alam Kaliurang bisa menjadi salah satu pilihannya.

Kalurang ada di kaki Gunung Merapi. Alamnya masih hijau asri ditambah udaranya yang sejuk. Panorama alamnya yang indah, membuat kita merasa betah. Beberapa tahun lalu pernah terjadi erupsi gunung Merapi.

Kaliurang terletak di daerah dataran tinggi, banyak resor atau tempat peristirahatan karena udara sejuk yang banyak dicari oleh orang perkotaan. Maka di sini terdapat banyak vila-vila penginapan dan wisma-wisma.

Di era new normal ini sesuai dengan arahan Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Sleman, Yogyakarta, setiap pengunjung harus mematuhi protokol kesehatan, seperti memakai masker, mencuci tangan dengan hand sanitizer dan juga semprotan disinfeksi. Disediakan tempat sanitasi untuk cuci tangan di setiap pos-pos.

Foto: Handoyo/ Kontributor Beritadaerah

Debbie Kusuma/Journalist/BD
Editor: Emy Trimahanani

About The Author

Related Posts