(Beritadaerah – Jakarta) Pelaksanaan dari Upacara Peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia Ke-75 di Istana Merdeka, Jakarta pada hari Senin, 17 Agustus 2020 berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Pada tahun ini pelaksanaannya dilakukan secara sederhana dan terbatas dengan menerapkan protokol kesehatan di tengah pandemi COVID-19.

Pada saat pelaksanaannya, komposisi yang bertugas sebagai berikut 1 orang Komandan Upacara, 2 orang Pembawa Acara (MC), 20 orang Pasukan Upacara yang terdiri dari 5 anggota TNI AD, 5 anggota TNI AL, 5 anggota TNI AU, dan 5 anggota Polri. Disamping itu ada 17 orang pasukan Pelaksana Tembakan Kehormatan Detik-Detik Proklamasi dari TNI dan 24 orang Korps Musik. Sementara itu untuk Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) ada 8 orang yakni 3 pasukan pagi, 3 pasukan sore dan 2 pasukan cadangan.

Sedangkan peserta upacara yang hadir yakni Presiden RI sebagai Inspektur Upacara berserta Ibu Hj Iriana Joko Widodo, Wakil Presiden RI beserta Ibu Wury Estu Handayani, Ketua MPR RI sebagai Pembaca Naskah Proklamasi, Menteri Agama sebagai Pembaca Doa, Ketua DPR RI, Ketua DPD RI, Ketua MA, Ketua MK, Ketua KY, Ketua BPK, Panglima TNI dan Kapolri. Bagi masyarakat umum diberikan undangan partisipan secara virtual sebanyak 17.845 undangan.

Berbeda dengan peringatan HUT RI Ke-74 pada tahun 2019, dimana ada 3 kelompok pasukan yakni Pasukan 17 yang semuanya anggota Paskibraka, Pasukan 8 yang merupakan Pasukan pembawa bendera terdiri dari : 4 anggota paspampres TNI, 1 putri Paskibraka pembawa bendera, 3 putra Paskibraka pengibar/penurun bendera, dan 3 putri Paskibraka di saf belakang sebagai pelengkap/pagar. Sedangkan Pasukan 45 adalah kelompok pengawal yang merupakan anggota paspampres TNI. Pada saat itu juga panitia menyiapkan 11.000 kursi undangan bagi tamu undangan khusus dan masyarakat umum.

Handi Fu/Journalist/BD
Editor: Handi Fu

About The Author

Fu Handi is a Partner of Management and Technology Services at Vibiz Consulting and Editor of beritadaerah.co.id. He is also working as trainer and consultant at LEPMIDA (Regional Investment and Management Development Institute).

Related Posts