Suasana Bandara Lombok dengan para wisatawan yang berkunjung ke Lombok (Foto: Herwantoro/ BD)

Bandara Lombok Mulai Ramai, Penumpang Meningkat 188 Persen

(Beritadaerah – Nasional) Bandara Lombok mencatat pertumbuhan penumpang sebesar 188 persen pada Juli 2020 dibandingkan Juni 2020. Sebanyak 49.861 penumpang dilayani bandara ini selama Juli 2020, sementara pada bulan sebelumnya hanya ada 17.314 penumpang yang tiba dan berangkat dari Bandara Lombok.

Untuk pergerakan pesawat, pada Juni 2020 hanya ada 333 pergerakan, dan pada Juli 2020 tercatat sebanyak 777 pergerakan pesawat atau tumbuh 133 persen.

“Peningkatan jumlah penumpang dan pergerakan pesawat pada Juli ini sangat dipengaruhi oleh kebijakan pemerintah melalui Surat Edaran (SE) Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Nomor 9 Tahun 2020 yang dikeluarkan pada 26 Juni lalu,” jelas General Manager Bandara Lombok, Nugroho Jati, akhir pekan (14/8/2020).

Menurut Surat Edaran tersebut, persyaratan calon penumpang penerbangan domestik antara lain surat keterangan hasil uji rapid test dengan hasil non-reaktif atau uji tes PCR (swab) dengan hasil tes negatif yang berlaku selama 14 hari.

“Jika dirata-ratakan per hari, pada Juni 2020 terdapat 577 penumpang per hari sedangkan Juli 2020 1.608 penumpang per hari. Untuk Agustus 2020, sampai dengan pekan kedua atau 12 Agustus 2020 rata-rata penumpang yang tiba dan berangkat dari Bandara Lombok mencapai 2.315 penumpang per hari,” katanya.

Akibat merebaknya pandemi global Covid-19 dan kebijakan pembatasan penerbangan, pengguna jasa Bandara Lombok pada Januari-Juli 2020 turun 49 persen dibandingkan periode Januari-Juli 2019, yaitu dari 1,5 juta penumpang menjadi hanya 780 ribu penumpang.

Namun saat ini, beberapa maskapai penerbangan telah kembali membuka operasionalnya di Bandara Lombok adalah Garuda Indonesia, Citilink, Lion Air, Batik Air, Wings Air, serta Indonesia AirAsia. Rute yang dilayani antara lain tujuan Jakarta, Surabaya, Denpasar, Bima, Sumbawa Besar, serta satu tujuan ke luar negeri, yaitu ke Kuala Lumpur, Malaysia.

Pedoman protokol kesehatan dan prosedur pelayanan di bandara ini meliputi penerapan physical distancing, pengecekan suhu tubuh, serta pengecekan dokumen kesehatan, baik bagi penumpang maupun mitra usaha maupun seluruh personel yang bertugas di Bandara Lombok.

Pihak bandara juga secara rutin melakukan pembersihan dengan cairan disinfektan setiap hari terhadap fasilitas-fasilitas publik yang ada di terminal penumpang.

 

Emy T/Journalist/BD
Editor: Emy Trimahanani