Air Terjun Kampung Harapan di Sentani - Papua (Foto: Kontributor Beritadaerah)

Serunya Wisata ke Air Terjun Kampung Harapan di Sentani – Papua

(Beritadaerah – Wisata Nusantara) Pulau Papua sangat terkenal dengan keindahan alamnya, dan salah satunya adalah Air Terjun Kampung Harapan yang berlokasi di Sentani, Jayapura, Provinsi Papua.

Air Terjun Kampung Harapan di Sentani – Papua (Foto: Kontributor Beritadaerah)

Masyarakat lokal, khususnya penduduk Kampung Harapan di Sentani banyak mendapatkan manfaat dari lokasi ini untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari mereka. Selain itu lokasi ini menjadi tempat wisata yang sangat menarik bagi wisatawan lokal bahkan mancanegara, hal ini terbukti tempatnya selalu ramai dikunjungi. Biaya masuk untuk pengguna kendaraan bermotor Rp2000/ orang, biaya parkir sepeda motor Rp20.000 sedangkan biaya masuk penumpang kendaraan mobil Rp25.000/orang dan parkir mobil Rp40.000.

Luapan Air Terjun Kampung Harapan di Sentani – Papua, mengalir diantara bebatuan (Foto: Kontributor Beritadaerah)

Tempat wisata ini benar-benar masih alami, tempat yang dikelilingi hutan yang rindang dan banyak terdengar suara kicauan burung yang menambah kekaguman kepada sang Pencipta.

Memasuki lokasi ini tidak dianjurkan datang sendiri karena jarak perjalanan dari pintu masuk ke lokasi berjarak hampir 1 km (50 menit perjalanan) dan tidak ada penunjuk arah jalan. Disamping itu medannya tergolong cukup sulit karena banyak akar pohon yang merambat, licin, harus melompati batu-batu besar dan harus menyeberang sungai di atas kayu.

Paduan keindahan alam antara tebing, hutan dan air di lokasi air terjun Kampung Harapan di Sentani (Foto: Kontributor Beritadaerah)

Wisata ini cocok untuk penggemar hiking dan memang sebaiknya mengunjungi lokasi ini bersama dengan keluarga atau rombongan dan didampingi oleh salah satu penduduk setempat.

Salah satu pengunjung bernama Irene, menceritakan pengalamannya bahwa dia dan rombongan banyak mendapatkan keseruan saat menjalani lokasi ini. Tidak hanya menikmati pemandangan tapi juga pengalaman seru saling tolong menolong saat mendaki jalan, dan saling memberikan semangat buat teman-teman yang tidak berani melompati batu-batu atau mendaki jalan.

Serunya saat tiba di Air Terjun Kampung Harapan di Sentani – Papua (Foto: Kontributor Beritadaerah)

Berwisata ke lokasi air terjun ini seperti sebuah acara outbound, menambah kekompakan dan kebersamaan dalam rombongan tersebut. Tiba di lokasi air terjun selain berfoto ria juga dapat menikmati sejuknya air. Bagi keluarga yang membawa anak-anak kecil ada juga fasilitas kolam renang untuk anak-anak.

 

Berliana/Journalist/BD
Editor: Emy Trimahanani

About Emy Trimahanani

Editor of Vibiz Media Network and Head of Vibiz Learning Center