(Beritadaerah – Jakarta) Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, bersama dengan Menteri Perdagangan Agus Suparmanto dan Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita menghadiri Peluncuran Gelar Buah Nusantara ke-5 di Kantor Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Jakarta, Senin (10/8). Acara ini dibuka oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto.

Dalam pembukaan Gelar Buah Nusantara, Menko Perekonomian Airlangga menjelaskan bahwa kegiatan ini untuk menggali potensi bisnis komoditas buah asli Indonesia dan mendorong peningkatan ekspor dan pendapatan petani lokal.

Sedangkan Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo manegaskan bahwa produksi buah-buahan Indonesia memiliki kualitas yang bagus dan tidak kalah dengan kualitas buah dari negara lain. Bahkan banyak yang menilai kualitas buah tropis terbaik di dunia berasal dari Indonesia.

“Oleh karena itu Kementerian Pertanian akan memperkuat budidaya buah, terutama varietas-varietas tertentu yang dibutuhkan dunia serta cocok dengan selera semua orang,” ujar Mentan yang dikutip laman Pertanian (10/8).

Dalam kesempatan ini, Mentan menyampaikan bahwa ekspor utama buah nanas ke Amerika Serikat, Belanda, Spanyol, Jerman, dan, Jepang mencapai Rp 1,5 triliun. Kemudian ekspor utama manggis ke Hongkong, China, Malaysia, Saudi Arabia dan Prancis mencapai Rp 1,09 triliun. Sedangkan untuk mangga ekspor utama kita ke Singapura, Amerika Serikat, China, Hongkong, dan Vietnam. Untuk buah salak nilai ekspornya di atas Rp 9 miliar, serta buahan lain seperti rambutan durian dan buah naga.

Atas berbagai permintaan tersebut, Mentan berharap seluruh integrator yang turut membantu dan menyusun konsepnya terus memberi kontribusi terhadap bangsa dan negara.

Sementara itu, Menteri Perdagangan Agus Suparmanto menilai komoditas hortikultura khususnya buah-buahan memiliki potensi besar untuk menambah pundi-pundi devisa negara dan juga menjadi andalan di pasar masa kini. Selain itu, kegiatan ini merupakan salah satu upaya agar cinta dan bangga produk Indonesia, sehingga meningkatkan konsumsi masyarakat akan buah Indonesia dan menurunkan konsumsi buah impor.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) bulan Juni 2020, ekspor buah-buahan tumbuh sebesar 23,21 persen dimana sampai dengan Juni 2020 nilai ekspor kita sebesar US$ 430,4 juta. Jenis-jenis buah yang menyumbang ekspor terbesar meliputi mangga, kacang-kacangan, dan nanas. Sementara untuk pasar ekspor masih dikirim ke Asia Tenggara seperti Thailand, Vietnam, Malaysia, dan India.

Handi Fu/Journalist/BD
Editor: Handi Fu

 

About The Author

Handi is a Partner of Management and Technology Services at Vibiz Consulting and Editor of beritadaerah.co.id. He is also working as trainer and consultant at LEPMIDA (Regional Investment and Management Development Institute).

Related Posts