Alun-alun Malang (Foto: Vera H/ BD)

Kota Malang Yang Sejuk dan Tak Terlupakan

(Beritadaerah – Wisata Nusantara) Kota Malang yang merupakan penghasil “Apel Malang”, dikenal juga sebagai Kota Pelajar, Kota Pesiar dan Kota Bunga. Bila Anda sudah tiba disana, semua sebutan tersebut akan menjadi pas mengingat semuanya ada disana.

Malang merupakan salah satu kota yang berada di Propinsi Jawa Timur dan berjarak sekitar 90 Km dari Surabaya. Kota Malang dikelilingi oleh Kabupaten Malang dan keduanya dikenal dengan sebutan Malang Raya. Kota Malang menjadi kota kedua terbesar di Jawa Timur setelah Kota Surabaya.

Hawa sejuk pun langsung terasa, begitu anda memasuki kota ini. Malang yang terletak di daerah dataran tinggi memang menjadi tempat yang pas bagi anda yang ingin menghabiskan waktu beristirahat atau bersantai menikmati udara yang sejuk.

Bila Anda mengelilingi kota ini, nampak beberapa kawasan masih meninggalkan kesan dan suasana jaman Belanda (kuno), seperti Jalan Raya Ijen, dimana begitu banyak bangunan tua dan monumen yang menyimpan nilai sejarah.

Bangunan bersejarah yang bisa dijumpai seperti Masjid Agung (Masjid Jami), Gereja Katholik Hati Kudus Yesus, Gereja Katholik Ijen dan Bangunan Klenteng di Kota Lama, kental meninggalkan kesan peninggalan masa Belanda.

Masyarakat kota Malang didominasi oleh suku Jawa dan diikuti beberapa suku bangsa lainnya seperti Tionghoa, Madura dan Arab. Islam merupakan agama mayoritas diikuti oleh Agama Kristen Protestan, Kristen Katholik, Hindu, Budha dan Kong Hu Chu. Diperkirakan jumlah penduduk kota Malang berkisar 807 ribu orang berdasarkan sensus penduduk tahun 2010.

Kampung Warna Warni Jodipan di Malang (Foto: Emy T/ BD)

Ciri khas yang ada di Kota Malang adalah penggunaan bahasa Jawa khususnya logat Jawa Timur dan dikenal pula dengan dialek khas yaitu boso walikan (bahasa yang dibalik membacanya), seperti: Malang – Ngalam, Sehat – Tahes, Makan – Nakam, dan seterusnya.

Kota Malang terbagi menjadi lima wilayah administratif yang berupa kecamatan, yaitu Kecamatan Kedung Kandang, Kecamatan Sukun, Kecamatan Klojen, Kecamatan Blimbing dan Kecamatan Lowokwaru.

Beberapa perguruan tinggi yang ada di Kota Malang, seperti Universitas Brawijaya, Universitas Negeri Malang (Dahulu IKIP Malang), Universitas Merdeka, Universitas Muhamadiyah Malang dan lainnya. Dengan semakin banyaknya kampus dan sekolah yang bermunculan menjadikan Kota Malang sebagai Kota Pelajar.

Jika Anda datang ke Kota Malang dan setelah mengelilingi kota ini, maka akan meninggalkan banyak kenangan yang tak terlupakan.

 

Debbie/Journalist/BD
Editor: Emy Trimahanani

About Debbie Kusuma