Tugu Proklamasi di Jakarta Pusat (Foto: Wikipedia)

Tugu Proklamasi, Saksi Sejarah Kemerdekaan Republik Indonesia

(Beritadaerah – Wisata Nusantara) Sebentar lagi bangsa kita akan memperingati hari Proklamasi Kemerdekaan bangsa Indonesia pada tanggal 17 Agustus.  Tidak terasa bahwa 75 tahun bangsa kita telah merdeka.

Lagu “Tujuh belas Agustus tahun empat lima, itulah hari kemerdekaan kita. Hari merdeka, nusa dan bangsa, hari lahirnya bangsa Indonesia. Mer, De, Ka,  ciptaan H. Mutahar ini selalu berkumandang setiap kali kita memperingati Hari Kemerdekaan Indonesia.

Seperti kita ketahui bahwa Proklamasi merupakan puncak perjuangan bangsa Indonesia untuk mencapai kemerdekaannya. Dengan adanya proklamasi ini, maka bangsa Indonesia mendapat kebebasan untuk menentukan nasibnya sendiri sebagai bangsa yang berdaulat.

Ada satu tempat wisata sejarah proklamasi Indonesia yang patut kita kunjungi, dimana tempat ini merupakan saksi bisu dari perjuangan kemerdekaan Indonesia, yaitu Tugu Proklamasi.  Sebab ditempat inilah resminya Ir Soekano membacakan “Naskah Proklamasi” yang menyatakan bahwa bangsa Indonesia telah merdeka.  Dan Proklamasi Kemerdekaan bangsa Indonesia ini dimulai dari Jakarta dan disebarkan ke seluruh negeri.

Pembacaan Naskah Proklamasi

Tepat pada hari Jumat, 17 Agustus 1945, pukul 10.00 pagi, bertempat di rumah Soekarno, Jalan Pegangsaan Timur No.56, Jakarta. Naskah proklamasi dibacakan, yang berlanjut pengibaran Sang Saka Merah Putih hasil jahitan Fatmawati, menandakan Indonesia merdeka.

Inilah Isi teks proklamasi kemerdekaan Indonesia

P R O K L A M A S I

Kami bangsa Indonesia dengan ini menjatakan kemerdekaan Indonesia.

Hal-hal jang mengenai pemindahan kekoeasaan d.l.l., diselenggarakan

dengan tjara saksama dan dalam tempo jang sesingkat-singkatnja.

Djakarta, hari 17 boelan 8 tahoen 05

Atas nama bangsa Indonesia.

Soekarno/Hatta.

Naskah Proklamasi Kemerdekaan Indonesia ini dibacakan oleh Soekarno-Hatta yang kemudian menjadi  Presiden dan Wakil Presiden Indonesia yang pertama.

Sekarang  tempat ini menjadi salah satu monumen bersejarah yang berlokasi di daerah Jakarta Pusat dan disebut dengan Tugu Proklamasi. Tugu Proklamasi terletak di Jalan Proklamasi No.56, Jakarta Pusat, di kawasan ini memiliki tiga monumen yang bersejarah. Monumen tersebut yaitu Tugu Petir, Patung Soekarno – Hatta, dan Tugu Wanita. Salah satu tugu yang sangat bersejarah adalah Tugu Petir.

Tugu Petir

Tugu Petir merupakan tempat dimana Ir. Soekarno membacakan naskah proklamasi. Monumen tersebut menjadi tempat bersejarah bagi rakyat Indonesia untuk mengenang masa-masa perjuangan melawan para penjajah.

Tugu Kecil Menghiasi Taman

Taman yang terdapat di Komplek Tugu Proklamasi dihiasi oleh tugu kecil yang berisikan sejarah singkat mengenai perjalanan dari kedua Bapak Proklamator Republik Indonesia dalam menuju kemerdekaan Indonesia.

Demikian Tugu Proklamasi merupakan saksi bisu, 75 tahun yang lalu Sukarno menyatakan kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus 1945 dari teras depan rumah ini. Rumah tersebut kemudian dikenal sebagai Gedung Proklamasi.  Di saat liburan  kita bisa  mengunjungi  tempat bersejarah bagi bangsa kita.

Emy T/Journalist/BD
Editor: Emy Trimahanani

About Debbie Kusuma