(Beritadaerah – Nasional) Presiden Joko Widodo (Jokowi), Rabu (5/8) memimpin Rapat Terbatas di Istana Merdeka, Provinsi DKI Jakarta. Pada Ratas tersebut Presiden menyampaikan bahwa penurunan angka stunting tetap menjadi skala prioritas di tengah-tengah pandemi Covid-19.

Presiden meminta percepatan penurunan stunting yang sudah menjadi program harus terus dipercepat. ”Data yang saya miliki ada perbaikan dalam prevalensi stunting dari 37% di 2013 menjadi 27,6% di 2019. Ini ada penurunan yang cukup lumayan, tetapi saya kira ini tidak cukup. Kita harus menurunkan lebih cepat lagi dan target kita sesuai yang saya sampaikan, saya berikan pada Menteri Kesehatan di 2024 kita harus bisa turun menjadi 14%,” tutur Presiden.

Menteri Kesehatan (Menkes) Dr. dr. Terawan Agus Putranto memberikan keterangan pers usai Rapat Terbatas (Ratas) di Istana Kepresidenan, mengenai hal tersebut.

”Jadi akan digerakkan untuk semua tetap bekerja dengan protokol kesehatan di dalam mengatasi pandemi Covid-19 ini dan untuk menyukseskan program-program stunting,” ujar Menkes.

Beberapa arahan, menurut Menkes, fokus, pertama di 10 daerah dulu, kemudian 10 provinsi, dan juga koordinasi antarkementerian dan lembaga.

”Bagaimana peran dari PKK, kemudian bagaimana peran dari PKH nanti akan dijelaskan oleh Pak Mensos. Pada hakikatnya ditujukan untuk mencapai penurunan angka stunting di 2024 menjadi 14%,” pungkas dr. Terawan.

Emy T/Journalist/BD
Editor: Emy Trimahanani

About The Author

Related Posts