Indonesia dan Singapura Bahas Kerjasama Sektor Transportasi Secara Virtual

(Beritadaerah – Nasional) Pemerintah Indonesia yang diwakili oleh Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengadakan pertemuan dengan Pemerintah Singapura yang diwakili oleh Menteri Transportasi Ong Ye Kung secara virtual pada hari Kamis (30/7), guna membahas perkembangan sejumlah kerjasama di sektor transportasi di antara kedua negara yang selama ini sudah terjalin dengan intensif.

Dalam pertemuan ini juga dilakukan perkenalan, dimana Menteri Transportasi Singapura Ong Ye Kung baru dilantik pada 27 Juli 2020 menggantikan Kwan Boon Wan.

“Selain untuk berkenalan dengan Menteri transportasi Singapura yang Baru Mr. Ong Ye Kung, kami juga membahas sejumlah hal terkait perkembangan kerjasama di sektor transportasi di kedua negara, serta upaya pemulihan kembali konektivitas di masa pandemi dengan mengedepankan protokol kesehatan,” jelas Menhub Budi yang dikutip laman Dephub, Jumat (31/7).

Pada pertemuan tersebut, Menhub menjelaskan, Pemerintah Indonesia telah menerapkan masa adaptasi kebiasaan baru (AKB) dimana masyarakat tetap bisa produktif untuk beraktivitas, termasuk bertransportasi, namun tetap aman dari penularan COVID-19.

Untuk itu pihaknya telah mengusulkan inisiasi kepada Menteri Transportasi Singapura sebelumnya (Kwan Boon Wan) terkait dengan potensi pembentukan “travel bubble” antara kedua Negara di masa Pandemi COVID-19.

Ditambahkan oleh Menhub Budi bahwa Indonesia sedang berupaya memulihkan konektivitas penerbangan internasional dari dan ke Indonesia. Pembentukan travel bubble dilakukan untuk menormalkan atau membuka kembali konektivitas transportasi antar kedua negara dengan tetap menjalankan protokol kesehatan, sehingga perjalanan tetap aman dan sehat.

Sementara itu Menteri Transportasi Singapura Ong Ye Kung mengatakan, menyambut baik inisiasi dari Menhub untuk melakukan travel bubble antar kedua negara dan bersedia untuk membahas lebih intensif terkait usulan pembentukan travel bubble antara Indonesia – Singapura.

Dalam pertemuan tersebut, kedua Menteri juga membahas sejumlah peluang kerja sama di sektor transportasi seperti : rencana pengembangan transportasi di Ibu Kota Negara Baru, dan sejumlah kerjasama lainnya di sektor darat, laut, udara, dan kereta api.

Hubungan bilateral kedua belah negara menunjukkan peningkatan di berbagai bidang seperti kerjasama politik, ekonomi dan sosial budaya. Dalam kunjungan Presiden Joko Widodo ke Singapura bertemu dengan Perdana Menteri Lee Hsien Loong dalam Annual Leaders Meeting 2019, Indonesia menawarkan sejumlah proyek infrastruktur kepada Singapura di sektor perhubungan antara lain proyek kereta api Makassar-Parepare, dan lapangan udara di Labuan Bajo. 

Handi Fu/Journalist/BD
Editor: Handi Fu

About Fu Handi

Fu Handi is a Partner of Management and Technology Services at Vibiz Consulting and Editor of beritadaerah.co.id. He is also working as trainer and consultant at LEPMIDA (Regional Investment and Management Development Institute).