Keindahan Kota Rantepao (Foto: Robert Tjalondo/ Unsplash)

Memandang Keindahan Tana Toraja dari Batutumonga

(Beritadaerah – Sulawesi Selatan) Batutumonga terletak di Tana Torara Utara, Sulawesi Selatan. Gunung Batutumonga ini terletak di ketinggian sekitar 2100 M dari permukaan laut. Udara di sini sejuk dan dingin. Dari puncak gunung, kita dapat memandang keindahan Tana Toraja secara keseluruhan.

Batutumonga berada di sisi barat Gunung Sesean, di daerah Rantepao. Gunung Sesean adalah gunung tertinggi di Toraja. Sehingga tentunya jika menginjakkan kaki di Batutumonga, satu wilayah Toraja Utara bisa dijangkau dan dilihat jelas.

Perjalanan menuju Batutumonga berliku-liku, dan melalui tikungan yang tajam. Bagi para petualangan, tempat ini sangatlah menarik, selain penuh tantangan, orang akan penasaran, karna dibalik bukit tersembunyi pemandangan alam yang cantik, seperti di Bali yang dikenal dengan sawah bersusun-susun. Hawa dingin menyelimuti gunung Sesean ini membuat para pengunjung menyenangi tempat ini. Dari sini kita bisa melihat Kota Rantepao dan gunung serta bukit yang mengelilingi Tana Toraja.

Saat berada di atas bukit, kita dapat memandang pengunungan, persawahan dan lembah yang luas, dan kita juga dapat menikmati suasana yang tenang dan sejuk. Betapa indah dan menyenangkan ada di tempat ini.

Saat ini pemerintah setempat sudah mengelola objek wisata dengan baik, dengan berbagai fasilitas, dan pembangunan infrastruktur yang memadai sehingga wisatawan yang datang, dapat menikmati objek wisata ini, selain villa di atas bukit, tetapi tersedia pula restoran yang baik, dengan menu lokal maupun menu western supaya pengunjung dapat menikmati sekaligus baik wisata alam dan kulinernya.

Demikianlah Batutomonga merupakan satu pilihan tempat wisata yang menyenangkan.

 

Debbie Kusuma/Journalist/BD
Editor: Emy Trimahanani

About Debbie Kusuma