Ilustrasi: Salah satu stan UKM batik pada pada Pameran Indocaft 2020 di JCC, Jakarta (Foto: Kemkominfo)

Masa Pandemi, Tumbuhkan Rasa Bangga Produk UMKM Maka Ekonomi Bertumbuh

(Beritadaerah – Nasional) Dalam rangka mendorong perekonomian dalam negeri menjadi kuat di tengah dampak negatif Coronavirus Disease 2019 (Covid-19), diharapkan masyarakat menumbuhkan rasa kebanggaan terhadap produksi yang dibuat oleh anak bangsa, khususnya pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).

Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Widodo Muktiyo, pada Webminar bertema “Mendorong Semangat Karya Anak Muda dalam Problematika di Tengah Pandemi Covid-19” yang diselenggarakan pada Rabu (22/7/2020), mengatakan: “Kita mesti menumbuhkan kebanggaan produksi saudara saudara kita, agar implikasinya menumbuhkan ekonomi-ekonomi pelaku UMKM”.

Rasa bangga pada produk dalam negeri akan membuat masyarakat menjadi cinta produk yang dihasilkan oleh pelaku UMKM. Dengan begitu, akan mendorong masyarakat membeli setiap produk yang dijual di berbagai medium kanal komunikasi yang dipergunakan. “Momentum kita sekarang ini membuat UMKM bisa bangkit di tengah pandemi,” kata Widodo.

Jika rasa bangga terhadap produk dalam negeri sudah makin kuat, tentunya akan menambahkan kekuatan para pelaku UMKM dalam negeri untuk bertahan dalam pandemi saat ini. Dorongan ini penting, mengingat pandemi Covid-19 berdampak langsung pada kegiatan produktif pelaku UMKM.

“Bangga Buatan Indonesia, mendorong kita jadi mengkonsumsi produk dalam negeri agar dapat menjadi kekuatan Indonesia saat ini,” katanya.

Kementerian Kominfo saat ini, tengah membuat berbagai konten untuk mengajak masyakarat membeli produk Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Melalui berbagai platform dagang daring (e-Commerce) yang tengah berkembang saat ini. Konten tersebut disebar-luaskan melalui berbagai kanal komunikasi daring yang dimiliki oleh Kementerian Kominfo secara masif. Sehingga, diharapkan mampu mempengaruhi masyarakat di dunia maya dalam membeli berbagai produk hasil karya anak bangsa.

“Kita ingin targetnya adalah merubah mindset masyarakat Indonesia,” katanya.

Tak hanya itu, pihaknya juga fokus membuat UMKM dalam negeri yang berjumlah 64,2 juta beralih ke digital. Saat ini, tercatat sekitar 9 juta UMKM yang menjadi binaan pemerintah telah beralih menggunakan dagang daring. Dengan beralihnya para pelaku UMKM ke daring akan memperbesar peluang produknya dibeli masyarakat.

“Kami di Kominfo ini betul-betul punya tugas untuk bisa mengoptimalisasi berbagai konten dan pesan itu sampai kepada konsumen dan juga sampai kepada pelaku UMKM,” pungkasnya.

Emy T/Journalist/BD
Editor: Emy Trimahanani

About Emy Trimahanani

Editor of Vibiz Media Network and Head of Vibiz Learning Center