Cantiknya Pantai Tanjung Karang Donggala (Foto: Beritadaerah)

Cantiknya Pantai Tanjung Karang Donggala

(Beritadaerah – Wisata Nusantara) Pantai Tanjung Karang Donggala adalah salah satu pantai terindah yang dilirik oleh para wisatawan baik domestik maupun mancanegara. Pantai Tanjung Karang yang berada di Dusun Simbe, Desa Limboro, Kecamatan Banawa Tengah, Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah. jarak tempuh dari kota Palu sekitar 45 km, tidak terlalu sulit jalan menuju lokasi ini.

Sepanjang perjalanan menuju Donggala kita akan melewati gunung dan sejauh mata memandang, kita disuguhi pemandangan pantai dan laut yang cukup menawan. Jalan menuju kota ini bersih, maka Donggala disebut kota Adipura.

Pantai Tanjung Karang Donggala tampak putih bersih dan jernih.Tampak beberapa aktivitas yang dilakukan di pinggir pantai. Mulai dari aktivitas nelayan yang sedang menangkap ikan, para pengunjung yang sedang bersantai menikmati birunya air laut di Pantai di daerah Tanjung Karang, Donggala.

Pengunjung yang datang, mereka menikmati panorama pantai atau melihat keindahan biota laut, sambil melakukan snorkeling di sekitar pantai, yang hanya berjarak 3 sampai 5 meter saja maka sudah dapat melihat keindahan bawah laut.Walau udara cukup terik tapi dengan hembusan angin pantai membuat cuaca menjadi tidak pengat dan membuat segar dengan tiupan angin dari laut. Daerah ini sangat potensial sekali untuk dijadikan objek wisata khususnya bagi pemerintah setempat.

Dari ujung sisi kiri sampai ke kanan, maka pemandangan pantainya sangat jernih airnya dengan warna kebiru-biruan, pasir putih yang membungkus sisi pantainya, dan panorama pantulan cahaya matahari menghias air pantai dengan warna jingganya, menjadikan Donggala adalah tempat yang sangat menarik.

Arus airnya cukup deras, sehingga bagi mereka yang ingin menikmati alam pantai di dasar laut, haruslah pandai berenang. Betapa cantiknya saat mereka yang melakukan snorkel melihat pemandangan parade ikan dengan segala jenis warna yang berwarna warni, juga ukuran ikannya yang beragam jenis.

 

Debbie Kususma/Journalist/BD
Editor: Emy Trimahanani

About Debbie Kusuma