(Beritadaerah – Nasional) Tim Pakar Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Wiku Bakti Bawono Adisasmito, mengatakan pada peta zonasi, terjadi peningkatan potensi kasus yang ada di Indonesia. Pada saat ini, dalam perkembangan seminggu terakhir, ada 35 kabupaten/kota dengan risiko tinggi.

Ada 169 kabupaten/kota dengan risiko sedang, 210 kabupaten/kota dengan risiko rendah, dan 52 kabupaten/kota tidak ada kasus baru. Artinya selama empat minggu terakhir tidak dilaporkan kasus baru, sementara perkembangan baiknya adalah, ada yang mengalami sembuh 100 persen. Dan ada sebanyak 48 kabupaten/kota yang tidak terdampak.

“Daerah-daerah dengan risiko tinggi dalam delapan minggu terakhir terlihat jumlahnya menurun. Dan berubah menjadi zona resiko sedang, rendah, dan tidak terdampak. Jika dilihat lagi, Indonesia telah mampu menekan beberapa kasus, sehingga terjadi perbaikan zonasi,” kata Wiku Selasa (21/7/2020).

Memang masih ada beberapa daerah, yang kasusnya masih tetap tinggi, dan ini perlu perhatian yang sangat ketat untuk seluruh anggota masyarakat dan pimpinan daerah, agar daerah-daerah ini zonanya bisa menjadi lebih baik.

Untuk angka kesembuhan per provinsi secara nasional rata-rata sebesar 52,47 persen dan ada 23 provinsi dengan jumlah angka kesembuhan di atas angka nasional. Namun masih ada juga 11 provinsi dengan kesembuhan di bawah angka nasional.

Wiku berharap provinsi-provinsi yang masih menjadi prioritas dan daerah-daerah dengan zonasi risiko tinggi dan sedang, untuk bersama-sama menjalankan protokol kesehatan dengan menjaga jarak, menggunakan masker, dan sering cuci tangan dengan menggunakan sabun dan air mengalir.

Wiku juga meminta semua masyarakat menjaga imunitas dan berkerja bersama untuk membuktikan bahwa, mayoritas masyarakat Indonesia disiplin menjalankan protokol kesehatan.

”Kami juga berharap dengan cara seperti ini, setiap minggu, kita bisa menyampaikan kabar baik karena masyarakat Indonesia makin lama makin banyak yang sehat,” kata Wiku.

Emy T/Journalist/BD
Editor: Emy Trimahanani

About The Author

Related Posts