Ilustrasi Golden Melon (Foto: Dirjen Hortikultura, Kementan)

Segarnya Buah Golden Melon dari Magetan

(Beritadaerah – Komoditi) Siapa yang tidak suka dengan buah yang satu ini. Melon adalah buah yang termasuk ke dalam suku labu-labuan atau cucurbitaceae, dengan warna bua hijau muda kekuningan dan tekstur daging buahnya lembut, berair dengan warna putih sampai merah.

Tapi ada lho buah melon dengan warna dan bentuk yang unik, yaitu berwarna kuning emas. Buah melon ini dapat kita temui di Magetan, dan dikenal sebagai golden melon. Tanaman ini termasuk jenis yang banyak ditanam dengan metoda hortikultura.

Golden melon begitu mudah ditemui di Magetan. Tak heran, karena warnanya yang begitu mencolok, dengan bentuk yang lebih kecil daripada melon biasa. Sesuai namanya, golden melon berwarna kuning cerah. Jika berlanja di pasar buah atau pasar tradisional lain, buah ini langsung dapat kita temui, karena warnanya yang sparkling, seperti jeruk nipis. Bentuknya yang mungil, hampir menyerupai timun suri. Sehingga kerapkali banyak orang yang terkecoh dengan perawakan buah melon dan timun suri yang begitu mirip.

Soal rasa, jangan ditanya. Melon jenis ini lebih manis dan crispy, daripada melon biasa. Buah ini menjadi produk unggulan di Kabupaten Magetan, Jawa Timur. Jadi, jika anda mengunjungi Magetan, jangan sampai kelewatan untuk membeli oleh-oleh golden melon ya.

Selain enak rasanya, buah melon memiliki nilai gizi yang tinggi. Kandungan nutrisi buah melon mengandung berbagai mineral tapi rendah kalori dan lemak. Buah ini merupakan sumber vitamin A yang sangat baik. Vitamin A mengandung antioksidan yang tinggi dan sangat penting untuk penglihatan yang sehat. Selain itu, vitamin yang kerap disebut ‘vitamin mata’ ini juga diperlukan juga untuk menjaga kesehatan mukosa dan kulit. Selain itu melon juga kaya akan antioksidan flavonoid seperti beta-karoten, lutein, zeaxanthin, dan cryptoxanthin. Antioksidan ini memiliki kemampuan untuk membantu melindungi sel dan struktur lain di dalam tubuh dari radikal bebas.

Dengan mengonsumsi buah melon, Anda bisa memperoleh berbagai manfaat untuk kesehatan, antara lain dapat mencukupi kebutuhan cairan tubuh, menjaga kesehatan kulit yaitu dalam memperbaiki dan memelihara jaringan kulit, membantu meningkatkan kemampuan penglihatan, menjaga kesehatan pencernaan, meningkatkan kesehatan tulang dan menurunkan tekanan darah tinggi .

Demikianlah selain enak rasanya buah melon memiliki banyak kandungan gizi yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh kita.

 

Debbie Kusuma/Journalist/BD
Editor: Emy Trimahanani

About Debbie Kusuma