(Beritadaerah – Nasional) Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian memimpin Rapat Koordinasi (Rakor) Kesiapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020 untuk Gubernur dan Wakil Gubernur Kalteng serta Pilkada Bupati dan Wakil Bupati Kotawaringin Timur dan Rakor penanganan Covid-19, di Aula Jayang Tingang Kantor Gubernur Kalteng, Minggu (19/07/2020).

Rakor ini dihadiri Pejabat Eselon I Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) terkait, Gubernur Kalteng H. Sugianto Sabran, Anggota Forkopimda, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU), Ketua Badan Pengawas Pemili (Bawaslu),  Sekretaris Daerah, Bupati dan Wali Kota se-Kalteng, serta para Asisten Setda dan Kepala Perangkat Daerah Terkait.

Ketua KPU Provinsi Kalteng Harmain Ibrohim dan Ketua Bawaslu Provinsi Kalteng Satriadi, melaporkan kepada Mendagri bahwa Kalteng dalam kondisi siap melaksanakan Pilkada, terlebih dana Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) telah dikucurkan Pemerintah Provinsi Kalteng sudah terealisasi 100 persen.

Sementara, Gubernur H. Sugianto Sabran menyampaikan, bahwa langkah-langkah dalam penyiapan Pilkada telah dilaksanakan dengan baik, dan Kalteng telah siap melaksanakan tahapan Pilkada, dengan tetap memperhatikan Protokol kesehatan Covid-19.

Langkah-langkah kesiapan yang telah dilakukan Pemerintah Daerah dalam penyiapan Pilkada, yakni pada tanggal 8 Juli 2020 telah melakukan penyerahan dana berdasarkan NPHD 100% kepada KPU, Bawaslu dan unsur pengamanan sebesar ± 390,8 Miliar. Hal ini dilakukan akibat terjadinya pandemi Covid-19 sehingga selanjutnya dilakukan penyesuaian/ penambahan anggaran dari dana APBD untuk pihak keamanan.

Langkah berikutnya yakni, Pemerintah Daerah telah membentuk Desk Pilkada Provinsi dan Kabupaten/Kota dan menyediakan anggaran untuk operasional Desk secara proporsional. Selain itu, juga sudah melaksanakan sosialisasi Pilkada untuk meningkatkan partisipasi pemilih baik secara daring/online, sosialisasi secara langsung dan penyebaran leaflet, spanduk, baliho untuk dapat menjangkau daerah yang masuk blankspot area.

Pemerintah Daerah juga telah menyiapkan aplikasi yang akan membantu/mendukung kelancaran dalam menghimpun data hasil Pilkada (Web dan Aplikasi Desk Pilkada) dan selalu berkoordinasi dengan pihak keamanan dalam upaya cipta kondisi aman, tertib dan kondusif bagi masyarakat. media.

Terakhir, Pemerintah Daerah selalu berkoordinasi dengan membangun komunikasi yang efektif, memberdayakan secara optimal keberadaan forum-forum seperti Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM), Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB), Forum Pembaruan Kebangsaan (FPK), Forum Bela Negara (FBN), Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama dan Tokoh Adat guna mensukseskan Pilkada Serentak 2020.

Menurut Mendagri, apa yang telah dilakukan cukup maksimal, sehingga Kalteng benar-benar siap menyelenggarakan Pilkada, maupun dalam penanganan Covid-19.

 

Emy T/Journalist/BD
Editor: Emy Trimahanani