(Beritadaerah – Industri Jasa) Jepara adalah salah satu kabupaten di Provinsi Jawa Tengah. Ibu kotanya adalah Jepara. Kabupaten ini berbatasan dengan Laut Jawa di Barat dan Utara, Kabupaten Pati dan Kabupaten Kudus di timur, serta Kabupaten Demak di selatan. Wilayah Kabupaten Jepara juga meliputi Kepulauan Karimunjawa, yang berada di Laut Jawa.

Mendengar nama Jepara maka kita akan mengingat akan tokoh emansipasi wanita RA Kartini. Selain itu, Jepara juga identik sebagai pusat ukir dunia. Disebut pusat ukir dunia karena selain sebaran industri mebel dan ukiran menyebar di 16 kecamatan di Jepara, selain Karimunjawa, satu-satunya kecamatan yang terletak di tengah Laut Jawa, dari sisi jumlah pengrajin juga tergolong besar.

Sesungguhnya sejak abad ke-19 daerah Jepara telah dikenal luas sebagai daerah yang memproduksi mebel dan ukiran yang terkenal di Indonesia. Kegiatan mengukir dan memahat untuk menghasilkan mebel dan karya seni ukiran telah menjadi bagian dari budaya, seni, ekonomi, sosial dan politik yang telah lama terbentuk dan sukar untuk dipisahkan dari akar sejarah masyrakat Jepara. Mebel dan ukir-ukiran Jepara memiliki sejarah yang cukup panjang karena kemampuan bertukang dan mengukir diturunkan dari generasi ke generasi. Kebiasaan ini pun seakan terasah dan berkembang mengikuti perkembangangan zaman yang semakin maju, namun jiwa seni dan ketrampilan yang dimiliki oleh para pengrajin ini seakan tertanam dengan kuatnya.

Saat ini Jepara yang terkenal dengan sebutan Kota Ukir, telah berubah menjadi Kota Ukir Dunia. Setelah meningkatkan citra Jepara “The World Carving Center”, karena produk-produk ukir Jepara sudah sangat terkenal dan sangat banyak orang yang menggemari seni ukiran Jepara dari manca negara.

Amerika Serikat merupakan negara tujuan ekspor terbesar. Negara tujuan ekspor mebel Ukiran Jepara tahun 2015 juga mengalami kenaikan menjadi 113 negara dengan jumlah eksportir sebanyak 296 pengekspor, sedangkan tahun 2014 nilai ekspornya hanya 114,78 juta dolar AS dengan 223 pengekspor untuk negara tujuan 106negara.

Demikianlah kita patut berbangga dengan Seni Ukir kota Jepara yang dikenal di manca negara.

Debbie Kusuma/Journalist/BD
Editor: Emy Trimahanani

About The Author

Related Posts