Presiden Joko Widodo memberikan bantuan modal kerja bagi sejumlah pelaku usaha kecil yang terdampak pandemi Covid-19 di halaman Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat. (Foto: Biro Setpres)

Bantuan Modal Kerja Presiden untuk Pelaku UKM Terdampak Covid-19

(Beritadaerah – Infrastruktur) Presiden Joko Widodo (Jokowi), pada hari Rabu (15/7/2020), secara simbolis memberikan bantuan modal kerja sebesar Rp2,4 juta kepada para pelaku usaha kecil dan mikro (UKM) yang terdampak Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) di Istana Bogor, Kota Bogor.

“Bapak dan Ibu semuanya kita undang ke istana untuk kita berikan bantuan modal kerja darurat ini,” ujar Joko Widodo melalui siaran video akun Youtube Sekretariat Kabinet.

Menurut Presiden Jokowi, pemerintah memberikan bantuan modal kerja bagi para pelaku usaha di atas, dengan tujuan agar dapat bertahan dari dampak negatif Covid-19. Efek virus ini sangat signifikan dalam mengurangi pendapatan sehari-hari para pelaku usaha itu.

“Sehari bisa berjualan sampai Rp500 ribu atau Rp800 ribu. Sekarang akibat Covid-19 mungkin hanya bisa mencapai Rp200 ribu,” imbuhnya.

Tambahan modal ini, oleh Kepala Negara diharapkan dapat memperkuat para pelaku usaha kecil dan mikro dari gempuran virus ini hingga selesainya masa pandemi. Jadi, ketika pemerintah mampu memutus mata rantai penyebaran Covid-19, para pelaku usaha dapat langsung menyesuaikan dengan kondisi tersebut.

“Pada saat Covid-19 sudah bisa diatasi bantuan ini dapat mendongkrak para pelaku usaha tersebut manjadi lebih baik,” katanya.

Sebagai informasi, bantuan modal kerja akan diberikan kepada 12 juta pelaku usaha kecil dan mikro di seluruh Indonesia. Masing-masing pelaku usaha akan mendapatkan dana bantuan sebesarnya Rp2,4 juta.

Emy T/Journalist/BD
Editor: Emy Trimahanani