(Beritadaerah – Industri Jasa) DKI Jakarta sebagai ibu kota negara menyimpan sejarah perjuangan dari putra-putri Indonesia untuk mendapatkan kemerdekaan dari tangan penjajah. Salah satu tempat bersejarah di Jakarta adalah Gedung Joang 45. Gedung Joang 45 atau juga disebut Museum Joang 45. Gedung ini lokasinya berada di pusat Kota Jakarta yaitu berada di Jalan Menteng Raya 31, Jakarta Pusat.

Monumen Proklamator di Museum Joang 45 di Jakarta (Foto: Beritadaerah)

Gedung Joang 45 ini terhimpit di antara gedung-gedung modern lain yang menjulang tinggi. Keberadaan Gedung Joang 45 memiliki nilai sejarah yang tinggi bagi perjuangan Bangsa Indonesia untuk mendapatkan kemerdekaan.

Museum ini diresmikan pada tahun 1974 oleh Presiden Soeharto dan dibuka secara umum kepada masyarakat. Gedung Joang 45 awalnya adalah hotel dari peninggalan seorang yang berkebangsaan Belanda, dan sudah lama tinggal di Batavia. Ketika Jepang masuk ke Indonesia, gedung ini diambil oleh para pemuda Indonesia dan beralih fungsi sebagai sarana pendidikan politik untuk mendidik pemuda-pemuda Indonesia.

Mobil REP 1 (Foto: Beritadaerah)

Di dalam museum ini dapat dilihat jejak perjuangan kemerdekaan RI dengan koleksi benda-benda peninggalan para pejuang Indonesia. Di antaranya yang menarik perhatian adalah mobil dinas resmi Presiden dan Wakil Presiden RI Pertama yang dikenal dengan mobil REP 1 dan REP 2, dan Mobil peristiwa pemboman di Cikini, Jakarta Pusat. Kondisi mobil terlihat masih terawat dengan baik.

Di museum ini tersimpan koleksi foto-foto dokumentasi dan lukisan yang menggambarkan perjuangan sekitar tahun 1945-1950 an.

 

Debbie Kusuma/Journalist/BD
Editor: Emy Trimahanani

About The Author

Related Posts