Masa Normal Baru, Kemenparekraf Dorong Musisi Tingkatkan Kreativitas Berkarya

(Beritadaerah – Jakarta) Pada masa normal baru, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf) mengajak musisi untuk terus berkarya dan meningkatkan kreativitas.

Kreativitas dan inovasi adalah kekuatan dari sumber daya manusia, hal tersebut disampaikan oleh Plt Deputi bidang Sumber Daya dan Kelembagaan Kemenparekraf/Baparekraf Frans Teguh saat virtual talkshow “ORKESMU” (Obrolan Kreatif Seputar Musik) bertajuk Tetap Asik Bermusik dalam Masa Adaptasi Kebiasaan Baru pada hari Kamis (9/7).

Diskusi ini menghadirkan narasumber dari kalangan musisi dan promotor musik. Mereka adalah Gitaris Band Gigi Dewa Budjana, composer Tya Subiakto, jurnalis musik senior sekaligus pendiri koran Slank, Buddy Ace, serta CEO Deteksi Production Harry Koko dan Toar RE Mangaribi selaku moderator.

Ditambahkan oleh Frans dalam mengasah inovasi dan kreativitas pekerja seni, dalam hal ini musisi, selalu menjadi prioritas Kemenparekraf/Baparekraf dalam upaya pengembangan dan peningkatan kualitas sumber daya manusia ekonomi kreatif.

“Kita punya visi menghadirkan orang-orang kreatif dan hebat yang memberikan kontribusi dalam kegiatan pengembangan budaya terutama dalam kerja kreatif,” kata Frans dalam siaran persnya kepada Beritadaerah.co.id, Jumat (10/7).

Saat ini Kemenparekraf/Baparekraf terus berupaya mendukung para pekerja seni untuk terus berinovasi dan mengembangkan kreativitas. Salah satunya, dengan pelaksanaan pertunjukan musik virtual di masa pandemi COVID-19. Bila konser di tempat terbuka, protokol kesehatan yang mengedepankan prinsip CHSE (Cleanliness, Health, and Safety Environment) dapat diterapkan sehingga para promotor acara musik, musisi, dan penikmat musik dapat menikmati konser dengan tetap menjaga diri agar tidak terjangkit COVID-19.

Sedangkan Tya Subiakto, mengajak para musisi untuk senantiasa berinovasi dan tidak kaku dalam berkarya. Tak hanya itu, Tya juga mengajak para musisi untuk mengubah cara pandang terhadap pandemi COVID-19 dari sebuah bencana menjadi suatu kesempatan.

Sementara itu Direktur Pengembangan SDM Ekonomi Kreatif Kemenparekraf/Baparekraf Muh. Ricky Fauziyani menambahkan, kedepannya pihaknya akan terus menghadirkan acara serupa dalam upaya meningkatkan kapasitas sumber daya manusia khususnya di sektor ekonomi kreatif.

Handi Fu/Journalist/BD
Editor: Handi Fu

About Fu Handi

Fu Handi is a Partner of Management and Technology Services at Vibiz Consulting and Editor of beritadaerah.co.id. He is also working as trainer and consultant at LEPMIDA (Regional Investment and Management Development Institute).