(Beritadaerah – Jakarta) Perhimpunan Pelajar Indonesia Dunia (PPI Dunia) mengelar CEO Talk pada hari Selasa (7/7), yang diselenggarakan secara daring, hadir sebagai salah satu pembicaranya yakni Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia.

Diskusi ini membahas tentang Tantangan dan Peluang Pengusaha di Era New Normal, dan secara khusus juga merupakan salah satu rangkaian kegiatan untuk membantu Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) mengatur strategi dalam menghadapi masa pandemi COVID-19.

“Kondisi ekonomi global dan investasi di Indonesia, khususnya dalam masa pandemi ini. Penurunan terjadi di berbagai negara dan hal ini berdampak pada penurunan penanaman modal asing (PMA), di tengah kondisi pandemi, tidak ada satu negara pun yang terkena COVID-19 ini pertumbuhan ekonominya baik-baik saja,” kata Kepala BKPM Bahlil Lahadalia dalam keterangannya kepada Beritadaerah.co.id, Rabu (8/7).

BKPM menyambut baik adanya gagasan terkait perlunya edukasi PPI dalam menarik investasi untuk masuk ke Indonesia. Bahlil mengajak anggota PPI untuk berkolaborasi dengan perwakilan BKPM di luar negeri. Saat ini BKPM punya 9 kantor perwakilan di luar negeri. PPI bisa menyiapkan proposal kerja sama, agar bisa sekaligus edukasi.

Kepala BKPM juga menjelaskan salah satu Key Performance Indicator (KPI) BKPM adalah bagaimana membuat kolaborasi investasi besar dengan UMKM. Sesuai dengan arahan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo, BKPM harus mendorong investor dalam negeri, khususnya UMKM untuk dapat bermitra dengan investor besar.

Bahlil menegaskan bahwa generasi muda saat inilah yang nantinya akan membangun Indonesia dan karenanya membutuhkan anak-anak muda yang memiliki optimisme bahwa negara akan menjadi lebih baik.

Mengakhiri sesi diskusi, Bahlil mengatakan keyakinannya bisa merubah bangsa adalah orang yang memiliki ilmu. Manfaatkanlah ilmu teman-teman untuk berpikir tentang pembangunan bangsa. Ayo menjadi generasi muda yang cerdas, bertanggung jawab, dan saling bekerja sama untuk kemajuan bangsa dan negara kita, ucap Bahlil.

Sekilas mengenai PPI Dunia, yang merupakan organisasi yang beranggotakan para pelajar dari Indonesia yang sedang belajar di luar negari. Anggota PPI adalah para pelajar  WNI yang sedang menuntut ilmu dalam berbagai strata pendidikan/universitas. Organisasi ini lahir pada Konferensi International Pelajar Indonesia (KIPI) yang diadakan di kampus University of New South Wales (UNSW), Sydney, Australia pada 9 September 2007.

Handi Fu/Journalist/BD
Editor: Handi Fu

About The Author

Related Posts