Bunga Rosela ternyata tidak hanya cantik dipandang, tetapi bunga merah ini juga memiliki banyak khasiat bagi kesehatan. Saat ini bunga rosela banyak dikonsumsi masyarakat sebagai teh herbal.

Masyarakat kian hari makin menyadari pentingnya kesehatan. Bunga rosella pun menjadi tanaman yang tak asing bagi pecinta kesehatan. Tanaman ini ternyata bukan saja dikenal sebagai khasiat kesehatan, tetapi juga menjadi buruan berharga bagi penikmat kuliner, khususnya minuman.

Tanaman ini memiliki bunga berwarna merah dengan aroma yang khas dan memiliki rasa yang asam, namun menyegarkan dan menyehatkan. Tanaman bernama Latin Hibiscus sabdariffa ini memiliki daya pikat tidak hanya dari warnanya yang cantik, tetapi juga dari banyaknya nutrisi yang terkandung pada bunga ini. Bunga rosela tercatat mengandung berbagai vitamin (A, B1, B2, B3, dan C), kalsium, zat besi, magnesium, fosfor, kalium (potasium), dan natrium (sodium).

Saat ini bunga rosela menjadi salah satu industri di berbagai daerah di Indonesia. Banyak tempat yang menawarkan tanaman rosela untuk dipelihara, bahkan sampai dikonsumsi.

Padahal sejatinya tanaman ini sudah lama ada di Indonesia. Hanya saja, ia disebut dengan nama yang berbeda di setiap daerah. Dan kebanyakan bunga rosella dikonsumsi dalam bentuk bunga kering atau orang menyebutnya teh rosella. Teh yang satu ini sangat berkhasiat untuk kesehatan. Mulai dari menurunkan kadar kolesterol, diabetes, hipertensi, hingga asam urat. Teh ini juga berkhasiat mencegah oesteporosis dan baik dikonsumsi untuk ibu hamil dan bayi di dalam kandungannya. Teh yang berasal dari tanaman Rosella ini juga berfungsi mengatasi batuk, sakit tenggorokan, dan sariawan. Rosella ini juga bisa menjaga kehalusan kulit dan keriput. Khasiat lainnya adalah melancarkan buang air besar

Kelopak Rosella bisa dikonsumsi dalam bentuk segar maupun dalam bentuk seduhan seperti teh. Di California, dan Thailand, kelopak Rosella kering yang dimanfaatkan dengan cara diseduh seperti teh sangat populer dengan sebutan Jamaica, atau aqua de Jamaica. Sayangnya, kadar antioksidan dalam kelopak Rosella menjadi berkurang jika dikeringkan dengan proses pemanasan (dipanggang dalam oven). Kadar senyawa berkhasiat yang terkandung dalam kelopak Rosella berada pada tingkat tertinggi jika dikonsumsi dalam bentuk segar.

Selain itu Rosella juga bisa menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Cara minumnya, seduh rosela menjadi teh, lalu minum setelah anda menikmati berbagai hidangan berkolesterol tinggi.

Rasa pada teh tersebut, pastinya akan membuat tubuh menjadi segar. Selain itu tubuh anda akan semakin bugar, dan jauh dari penyakit. Jadi, untuk anda yang ingin tetap sehat dan bugar, gantilah minuman anda dengan rosella.

 

Debbie K/Journalist/BD
Editor: Emy Trimahanani

About The Author

Related Posts