Tugu Monumen Nasional Jakarta (Foto: Togu Hasiholan/ BD)

Monumen Nasional (Monas) Sebagai Ikon Kota Jakarta

(Beritadaerah – Wisata Nusantara) Siapa yang tidak mengenal Monas? Monumen Nasional atau yang populer disingkat dengan Monas atau Tugu Monas adalah icon dari kota Jakarta. Monas adalah salah satu dari monumen peringatan yang didirikan untuk mengenang perlawanan dan perjuangan rakyat Indonesia melawan penjajah Belanda.

Monas mulai dibangun pada bulan Agustus 1959, dan selesai pada tahun 1960. Tinggi monas 132 meter (433 kaki) Tugu ini dimahkotai lidah api yang dilapisi lembaran emas yang melambangkan semangat perjuangan yang menyala-nyala. Monas diresmikan oleh Presiden Soekarno, dan mulai dibuka untuk umum sejak tanggal 12 Juli 1975.

Monumen Nasional terletak tepat di tengah Lapangan Medan Merdeka, Jakarta Pusat, menjadi tempat wisata dan pusat pendidikan yang menarik bagi warga Jakarta dan sekitarnya.

Monas merupakan tempat wisata pendidikan, yang dapat menambah wawasan sejarah. Pada bagian bawah Monas terdapat sebuah ruangan yang luas yaitu Museum Nasional. Museum ini menampilkan sejarah perjuangan Bangsa Indonesia. Pada keempat sisi museum terdapat 12 diorama (jendela peragaan) yang menampilkan sejarah Indonesia dari jaman kerajaan-kerajaan nenek moyang Bangsa Indonesia.

Di depan Monas terdapat Taman Monas, yaitu sebuah hutan kota yang di bangun seluas 80 hektar, Hutan tersebut dirancang dengan taman yang indah, taman ini merupakan paru-paru kota Jakarta, yang bisa memberikan udara yang segar ditengah-tengah polusi asap kendaraan bermotor di sekitarnya.

Selain terdapat taman yang indah dengan berbagai pepohonan yang rimbun dan asri terdapat juga hiburan air mancur yang menarik. Juga ada kawanan rusa yang lincah berlari-lari kesana kemari yang membuat ramai taman ini.

Melalui Monas kita dapat menyaksikan keindahan kota Jakarta dari puncak Monas, dan belajar mengenal sejarah indonesia, selain menikmati udara segar dari rindangnya pepohonan di Monas. Dan jangan lupa untuk menjaga kebersihan Taman Monas agar tetap indah.

Di saat Pembatasan Sosial Berskala Besar PSBB Transisi seperti ini Pemerintah daerah DKI Jakarta telah melakukan penyemprotan disinfektan di kawasan Monas, untuk mensterilkannya dari virus ataupun bakteri. Untuk pengunjung akan diterapkan protokol kesehatan terkait virus corona atau Covid-19. Selain itu anak-anak, ibu hamil, dan orang lanjut usia (lansia) tidak diizinkan masuk area Monas.

 

Emy T/Journalist/BD
Editor: Emy Trimahanani

 

About Debbie Kusuma