(Beritadaerah – Ekonomi Bisnis) Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Sota di Merauke, Papua, setelah ditutup karena pandemi Corona, kembali dibuka untuk umum, pada hari Minggu (28/6/2020). Hal ini dikemukakan oleh Kepala Badan Pengelolaan Perbatasan Kabupaten Merauke, Elias Mithe, S.STP.

‘’Mulai minggu kemarin, kami sudah mulai buka untuk umum,’’ kata mantan Kabag Umum Setda Kabupaten Merauke ini ditemui di ruang kerjanya, Senin (29/6).

Bagi masyarakat atau wisatawan yang akan masuk ke PLBN Sota tersebut, tidak dipungut biaya. Kecuali untuk biaya parkir kendaraan yang pengelolannya bekerja sama antara Badan Pendapatan Daerah Kabupaten Merauke dan masyarakat setempat.

‘’Tidak ada tiket masuk. Hanya parkir kendaraan. Tapi, kami masih akan koordinasikan dengan Bapenda untuk bisa dikerjasamakan dengan masyarakat setempat dalam mengelola parkir,’’ terangnya.

Di masa pandemi Covid-19 ini, kata Elias Mithe, protokol kesehatan tetap diterapkan. Dimana setiap pengunjung wajib untuk menggunakan masker, jaga jarak dan cuci tangan menggunakan air mengalir dan sabun.

Selain itu, lanjut dia, di masa pandemi Covid-19 ini PLBN Sota hanya buka selama 2 hari saja, yakni Sabtu dan Minggu serta tanggal merah lainnya.

‘’Diluar itu, kita tidak buka. Kecuali kalau nanti situasi sudah normal maka sudah bisa dibuka setiap harinya,’’ katanya.

Sebagai informasi, Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Sota tersebut telah selesai dibangun tahun 2019 dan rencananya akan diresmikan tahun 2020 ini oleh Presiden Jokowi. Namun karena pandemi Covid-19, peresmian ditunda.

Emy T/Journalist/BD
Editor: Emy Trimahanani

About The Author

Editor of Vibiz Media Network and Head of Vibiz Learning Center

Related Posts