Ilustrasi: Terminal-Petikemas-Kalibaru-Pelabuhan-Tanjung-Priok-Jakarta (Foto: Rully/ Vibizmedia)

Kemendag Siapkan Program Pendampingan agar UMKM Rambah Pasar Internasional

(Beritadaerah – Ekonomi Bisnis) Kementerian Perdagangan (Kemendag) terus mendorong UMKM agar dapat merambah pasar internasional. Mengingat, sampai saat ini kontribusi UMKM terhadap perekonomian dalam negeri cukup besar. Salah satu upaya yang dilakukan adalah memberikan pendampingan serta menyediakan katalog produk layak ekspor.

“Kita punya program, yaitu namanya export coaching program, yang dalam hal ini programnya ada di kelas, ada pendampingan di lokasi dan juga keseluruhan proses ini akan menghasilkan pelaku eksport baru,” beber Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional (PEN) Kementerian Perdagangan, Kasan, di Jakarta, Senin (29/6/2020).

Sejak dimulainya export coaching program pada 2010 lalu, program ini setidaknya sudah menghasilkan 735 alumni dengan 149 eksportir baru.

Selain itu, Kasan juga menyebutkan adanya InaExport.id yang merupakan layanan satu atap untuk memberikan kemudahan bagi pelaku usaha dalam memperoleh informasi perdagangan ekspor.

Melalui InaExport.id ini, pelaku usaha yang terdaftar sebagai anggota dapat mengakses berbagai layanan, antara lain produk katalog, di mana melalui layanan ini akan dipromosikan produk-produk unggulan UMKM melalui katalog produk InaExpert.

“Selanjutnya ada layanan inquiry atau buyer request, yang mengandung informasi inquiry maupun buyer request langsung dari buyer asing yang tertarik atau mencari produk yang sesuai dengan produk yang dimiliki,” papar Kasan.

Bentuk pendampingan berikutnya adalah disediakannya event dan training yang memberikan informasi jadwal pameran dan pelatihan ekspor. Terakhir research corner, berisi informasi peluang pasar produk tertentu di suatu negara yang disusun oleh perwakilan perdagangan di luar negeri.

Emy T/Journalist/BD
Editor: Emy Trimahanani

About Emy Trimahanani

Editor of Vibiz Media Network and Head of Vibiz Learning Center