“BUMBU” Majalah Digital Budaya Kuliner Indonesia Terbit 1 Juli di Prancis

(Beritadaerah – Nasional) Wisatawan Mancanegara (Wisman) asal Prancis menjadi salah satu target negara dari promosi pariwisata Indonesia. Startegi yang dilakukan dengan mempromosikan budaya kuliner Indonesia. Seperti diketahui Indonesia memang dikenal sebagai salah satu negara penghasil rempah-rempah. Hal itu membuat masakan Indonesia dikenal luas dengan cita rasanya yang khas. Beberapa masakan khas Indonesia juga masuk dalam jajaran makanan terenak di dunia oleh CNN pada 2017, yakni rendang di urutan 1, nasi goreng di urutan 2 dan satai di posisi 14.

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menyambut baik atas diterbitkannya “BUMBU”, majalah digital pertama dalam bahasa Prancis tentang budaya kuliner dan gastronomi Indonesia. Majalah digital ini diterbitkan dan didistribusikan secara daring di Prancis mulai 1 Juli 2020 dan dapat diunduh secara gratis.

Kehadiran majalah “BUMBU” dapat menjadi sarana promosi wisata Indonesia lewat diplomasi kuliner, demikian yang dikatakan oleh Deputi Bidang Pemasaran Kemenparekraf/Baparekraf Nia Niscaya, Selasa (30/6),

“Kita punya banyak jenis makanan atau kuliner yang memiliki cita rasa luar biasa. Tentunya tak kalah jika dibandingkan dengan kuliner-kuliner dari negara lain. Hadirnya majalah ini menjadi salah satu sarana promosi wisata Indonesia yang diharapkan dapat menarik minat wisatawan asal Prancis nantinya untuk berkunjung ke Indonesia,” kata Nia Niscaya dalam siaran persnya kepada Beritadaerah.co.id, Selasa (30/6).

Nia Niscaya tambahkan dengan peluncuran majalah digital ini, diharapkan pariwisata Indonesia menjadi ‘top of mind’ dalam pilihan calon wisatawan, khususnya Prancis. Majalah digital “BUMBU” berbahasa Prancis merupakan hasil kerja sama Visit Indonesia Tourism Officer (VITO) Prancis dengan tim BUMBU di Indonesia. Majalah ini didistribusikan dan ditujukan untuk masyarakat Prancis yang ingin mengenal kuliner dan gastronomi Indonesia.

BUMBU merupakan majalah kuliner digital independen dengan konsep mengangkat berbagai cerita kuliner dari masyarakat. Cerita-cerita ini dapat menjadi kepingan mozaik yang menggambarkan betapa hidupnya budaya kuliner di Indonesia. Majalah BUMBU lahir dengan tujuan mempromosikan tradisi dan budaya kuliner Indonesia, juga untuk menunjukkan evolusi masakan dunia di Indonesia.

Handi Fu/Journalist/BD
Editor: Handi Fu

About Fu Handi

Fu Handi is a Partner of Management and Technology Services at Vibiz Consulting and Editor of beritadaerah.co.id. He is also working as trainer and consultant at LEPMIDA (Regional Investment and Management Development Institute).