Ilustrasi Kopi Olahan (Foto: Ezra Judah/ BD)

Bisnis Kopi Tetap Survive di Saat Pandemi Covid-19

(Beritadaerah – Krisis akibat pandemi virus corona atau Covid-19 yang terjadi saat ini sangat mempengaruhi sektor bisnis dan perekonomian. Salah satunya bisnis kedai Kopi yang sebelum pandemi Covid-19 berkembang dengan subur di kota-kota besar di Indonesia.

Selama ini kedai kopi jadi tempat berkumpul dengan teman, relasi, juga tempat  bercengkrama bahkan tempat untuk bekerja. Namun dengan adanya PSBB, aturan social distancing yang diterapkan pemerintah, maka kedai kopi menjadi sepi, sebab aktivitas masyarakat di luar rumah dibatasi.

Bagaimana caranya agar kedai kopi bisa tetap survive di tengah pandemi saat ini? Kita perlu melihat setiap peluang yang bisa dikembangkan agar bisnis kopi tetap bisa bertahan di tengah pandemi ini.

Lain halnya dengan bisnis kopi di negara-negara lain.  Justru saat ini permintaan kopi untuk sejumlah negara meningkat di tengah pandemi Covid-19.  Permintaan kopi yang melonjak dikarenakan banyaknya orang yang di rumah dan tak bisa pergi ke kafe untuk menikmati kopi bersama dengan teman, relasi, dan lain-lain seperti sebelum pandemi ini terjadi.  Karenanya mereka mengkonsumsi kopi  di rumah mereka masing-masing.

Menurut Financial Times (15/4), permintaan untuk kopi di sejumlah negara malah melonjak tajam. Dan Indonesia masih tetap mengirimkan kopi ke Amerika Serikat dan negara-negara Eropa lainnya.

Lalu bagaimana cara Kedai kopi di Indonesia bisa mempertahakankan bahkan meningkatkan bisnisnya di tengah pandemi virus saat ini ?

Antara lain adalah melakukan layanan delivery service dan take away dalam melayani permintaan  pembeli.  Sebab para penggemar kopi masih membutuhkan mengkonsumsi kopi walaupun di saat pandemi seperti saat ini. Mereka masih ingin menikmati kopi seperti biasanya. Untuk itu bisa bekerjasama dengan ojek online dalam melakukan delivery service kopi  ke rumah pelanggan.

Selain itu perlu diperhatikan  masalah higienis  dari produk kopi, packaging/kemasan yang bersih dan menarik, setelah itu  bisa dengan membungkusnya dengan bubble wrap  agar kopi  tidak terkena sinar matahari langsung. Dan diperhatikan sampai dengan kebersihan saat pengantarannya.

Juga di saat semua orang di rumah, maka diperlukan family size package, agar produk kopi ini dapat dinikmati di rumah bersama dengan keluarga.  Beberapa kedai kopi mengeluarkan produk Kopi Seliter agar konsumen dapat menikmati kopi di rumah bersama dengan keluarga.

Juga bisa dilakukan promosi-promosi yang menarik.  Sebab di tengah pandemi virus corona seperti ini, kebanyakan orang melakukan penghematan. Karena itu dengan adanya promosi-promosi yang diberikan, hal itu akan menarik bagi konsumen.  Demikianlah di tengah situasi yang  berubah drastis akibat pandemi Covid-19 yang terjadi di Indonesia, bisnis kedai Kopi dalam negeri ini tetap survive.

 

Debbie Kusuma/Journalist/BD
Editor: Emy Trimahanani

About Emy Trimahanani

Editor of Vibiz Media Network and Head of Vibiz Learning Center