Di tengah pandemi corona atau Covid-19 ini kita harus tetap menjaga kesehatan dan daya tahan tubuh kita. Seperti yang selalu dilakukan oleh presiden Joko Widodo yang rajin mengkonsumsi jamu, salah satunya jahe.

Meniru apa yang dilakukan Jokowi maka saat ini masyarakat juga banyak meminum jamu-jamuan maupun minuman yang berkhasiat menambah stamina tubuh. Ada lho minuman jamu yang digemari oleh masyarakat kita, yang rasanya tidak pahit, tetapi sedikit pedas dan manis. Apa itu ? Sekoteng atau wedang jahe.

Menurut jurnal dalam US National Library of Medicine National Institutes of Health – mengenai khasiat jahe, ternyata jahe bisa meningkatan sistem imun tubuh. Jahe banyak mengandung vitamin C dan magnesium. Kandungan ini membuatnya membantu tubuh untuk memperkuat sistem imun. Selain kedua zat tersebut, jahe juga memiliki kandungan gingerols, shogaols, dan zingerones yang dapat berfungsi sebagai antioksidan bagi tubuh. Selain itu jahe memiliki khasiat menangkal infeksi bakteri dan virus. Karena kandungan gingerol dalam jahe dipercaya bisa menghambat infeksi bakteri seperti shigela, E.coli, dan lain-lain.

Bagi anda yang tinggal di komplek perumahan di daerah Jabodetabek tentu tidak asing dengan minuman hangat dari jahe itu karena banyak dijual di kios-kios dan bisa di pesan juga melalui layanan antar seperti GoFood, dll

Di Jogja, Solo, Boyolali dan beberapa tempat di Jawa Tengah, minuman dari jahe itu disebut wedang ronde. Wedang ronde adalah minuman penghangat badan kala kita merasa lelah saat melakukan banyak aktifitas di rumah, maupun di tempat kerja kita, juga saat cuaca dingin.

Wedang Ronde (atau sering disingkat hanya “ronde”) merupakan minuman tradisional asli dari Jawa selain jamu dan dawet. “Wedang” dalam Bahasa Jawa berarti “minuman”. Sedangkan ronde adalah adonan khusus yang terdiri dari campuran tepung beras dan gula merah berbentuk bulatan-bulatan dan dibagian dalamnya berisi kacang yang dihancurkan. Untuk membentuk Wedang Ronde, adonan ronde ini dicelupkan ke dalam air jahe yang masih panas.

Dua komponen tersebut (air jahe dan ronde) adalah bahan utama pembentuk Wedang Ronde. Meskipun demikian Anda dapat menambahkan bahan lain untuk menambah aroma dan penampilan seperti kolang kaling, irisan roti berbentuk dadu, atau kacang tanah. Air jahe dibuat dengan cara merebus jahe yang dihancurkan, gula merah (atau gula kelapa) dan daun sereh hingga mendidih Setelah itu, adonan Ronde dicelupkan dalam air jahe tersebut hingga mengapung.

Dengan mengkonsumsi Wedang Ronde, sekujur badan, terutama tenggorokan, dada dan perut terasa sangat hangat. Selain itu, wedang ronde juga sangat bagus untuk kesehatan dan meningkatkan stamina.

Mari kita coba membuat dan menikmati kesegaran dari wedang jahe atau yang dikenal dengan sekoteng maupun wedang ronde. Selain segar maka kita juga menjadi sehat.

Debbie/Journalist/BD
Editor: Emy Trimahanani

About The Author

Related Posts