(Beritadaerah – Nasional) Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam rangkaian kunjungan kerja di Banyuwangi, Jawa Timur, mengunjungi Villa So Long dan Pantai So Long untuk meninjau persiapan prakondisi menuju adaptasi kebiasaan baru.

Banyuwangi merupakan salah satu daerah yang serius membenahi sektor pariwisata di tengah pandemi Covid-19 ini, agar nantinya dapat kembali bergerak dan memastikan keamanan serta keselamatan para pengunjungnya.

Pemerintah Kabupaten Banyuwangi sangat mematuhi protokol kesehatan di sektor pariwisata. Terbukti sejumlah upaya dilakukan untuk menjalankan hal itu, salah satunya penerapan teknologi yang dapat mengatur kapasitas destinasi wisata.

Wisatawan yang nantinya akan mengunjungi satu destinasi tertentu diharuskan untuk memesan tiket secara online. Sistem secara otomatis akan langsung menghentikan proses apabila kapasitas destinasi tersebut telah mencapai batas kunjungan sesuai protokol jaga jarak aman.

Pemerintah setempat juga melakukan sertifikasi dan uji kompetensi protokol kesehatan bagi para pemandu wisata dengan melibatkan para ahli kesehatan. Para pemandu juga akan dilatih secara khusus mengenai protokol kesehatan.

“Saya melihat di lapangan, Banyuwangi adalah daerah yang paling siap menyiapkan prakondisi menuju normal baru,” kata Presiden.

Presiden tampak mengenakan masker dan pelindung wajah serta mencuci tangan terlebih dahulu sebelum memasuki area Villa So Long, untuk mendengarkan paparan Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas mengenai persiapan prakondisi sektor pariwisata setempat.

Di kabupaten tersebut, misalnya, hotel-hotel bertaraf serupa bintang tiga ke bawah seperti rumah singgah atau homestay merupakan ceruk pasar warga setempat,  sehingga perizinannya hanya diperuntukkan bagi rakyat kecil.

“Hotel-hotel misalnya bintang tiga ke bawah semuanya diberikan pada rakyat, yang bintang empat lima dan seterusnya diberikan kepada investor,” kata Presiden.

Kepala Negara mendukung penuh apa yang dilakukan pemerintah Kabupaten Banyuwangi dalam menggerakkan sektor pariwisatanya, utamanya dalam hal prakondisi menuju adaptasi kebiasaan baru.

“Kita mendukung penuh apa yang dilakukan pak Bupati dan Gubernur dalam menyiapkan prakondisi menuju tatanan normal baru sehingga nantinya saat timing yang tepat dibuka kembali, masyarakat terutama sektor pariwisatanya betul-betul sudah siap,” tandasnya.

Emy T/Journalist/BD
Editor: Emy Trimahanani