(Beritadaerah – Jakarta) Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo melakukan peresmian tiga gedung Politeknik Kelautan dan Perikanan (KP) secara virtual di Gedung Mina Bahari IV, Jakarta, Senin (15/6). Tiga gedung politeknik ini nantinya akan dimanfaatkan untuk fasilitas Tridarma Perguruan Tinggi, yakni Politeknik KP Maluku, Politeknik KP Dumai dan Politeknik KP Karawang.

Upaya ini merupakan langkah Kementerian Kelautan dan Perikanan dalam pengembangan sektor kelautan dan perikanan khususnya menyiapkan sumber daya manusia (SDM) unggul di sektor perikanan.

“Paling penting bagaimana kita bisa menciptakan SDM di sektor kelautan dan perikanan ini semakin masif dan besar,” kata Menteri Edhy yang dikutip laman KKP, Senin (15/6).

Menteri Edhy berharap akan terlahir wirausahawan-wirausahawan baru di sektor perikanan setelah mereka ditempa di unit pendidikan yang dikelola oleh KKP tersebut. Karenanya, dia ingin penerimaan siswa baru di masing-masing unit pendidikan diperbanyak tiap tahunnya.

Dikatakan Menteri Edhy, SDM yang unggul bisa dikawinkan dengan potensi sektor kelautan dan perikanan nasional yang begitu besar. Bahkan, dia menyiapkan akses pemodalan melalui BLU-LPUMKP bagi lulusan satuan pendidikan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), baik di Sekolah Usaha Perikanan Menengah (SUPM) dan Pendidikan Tinggi di Politeknik KP.

Di tempat yang sama, Kepala Badan Riset dan Sumber Daya Manusia Kelautan dan Perikanan (BRSDM), Sjarief Widjaja mengajak generasi milenial yang tertarik dengan sektor kelautan dan perikanan untuk mendaftar di satuan pendidikan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) melalui laman http://pentarukkp.id/. Terlebih saat ini, unit-unit pendidikan tersebut tengah memasuki fase penerimaan peserta didik baru. Dalam kurikulumnya politeknik ini menonjolkan kegiatan praktik sebesar 60 persen dengan 40 persen teori.

Bahkan, KKP juga menyiapkan jalur khusus bagi putra-putri pelaku perikanan, baik itu nelayan, petambak, pengolah ikan, hingga pengumpul ikan. Upaya ini wujud komitmen KKP untuk menyejahterakan masyarakat KP, dengan menetapkan 50 perserta didik dari anak para pelaku perikanan.

KKP berharap nantinya lulusan dari Politeknik KP akan memiliki karakter unggul dan kompetensi serta siap menjadi tenaga kerja profesional. Selain itu juga memiliki jiwa kewirausahaan yang kuat dan berkarakter baik, sehingga dapat menjadi kekuatan bagi pengembangan dunia usaha, dan dunia industri.

Handi Fu/Journalist/BD
Editor: Handi Fu

About The Author

Fu Handi is a Partner of Management and Technology Services at Vibiz Consulting and Editor of beritadaerah.co.id. He is also working as trainer and consultant at LEPMIDA (Regional Investment and Management Development Institute).

Related Posts