Layanan Bus Gratis Menghindari Lonjakan Penumpang KRL

(Beritadaerah – Nasional) Bus Bantuan Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) tersedia 40 buah bus gratis untuk menampung lonjakan penumpang KRL dari Bogor menuju Jakarta. Bus ini akan menuju ke beberapa stasiun di Jakarta seperti ke Stasiun Tanah Abang, Tebet, Sudirman, Juanda dan Stasiun Manggarai. Bus-bus ini disediakan untuk mengurai kepadatan stasiun kereta api dari kabupaten Bogor terkait antisipasi penyebaran Covid 19. Bus ini akan mengangkut penumpang dari stasiun Bogor, Stasiun Cilembut dan stasiun Bojong Gede.

Bus bantuan BPTJ sudah beroperasi sejak jam 5 pagi dan hanya hingga jam 7 pagi untuk mengurangi penumpukan penumpang khusus pada hari Senin saja. Untuk Bogor memang cenderung masyarakat melakukan perjalanan menuju Jakarta pada hari Senin. Namun pada hari ini jumlah penumpang yang melakukan perjalanan di hari Senin pagi sudah mulai menurun. Hal ini disebabkan karena sebagian penumpang sudah melakukan perjalanan di hari sebelumnya. Mereka melakukannya untuk menghindari berjalan berdesakan dengan penumpang lainnya.

Untuk menggunakan bus ini, penumpang harus memenuhi beberapa syarat, antara lain penumpang harus mematuhi protokol kesehatan. Penumpang harus menggunakan masker dan sudah mencuci tangan saat memasuki bus gratis ini. Disamping itu daya angkut penumpangnya berjumlah 50 persen dari kapasitas atau sekitar 20 orang. Sehingga total kemampuan bus gratis ini ada 800 penumpang. Bus ini hanya mengantarkan saja dari Bogor ke Jakarta setiap Senin Pagi dan perjalanan kembali dari Jakarta ke Bogor akan disediakan bantuan kembali pada hari Jumat sore jam 16.00.

Emy T/Journalist/BD
Editor: Emy Trimahanani

About Fadjar Dewanto

Editor in Chief Vibiz Media Network, Coordinating Partner of Business Advisory Vibiz Consulting.