(Beritadaerah – Nasional) Sejumlah daerah pariwisata yang dihubungi oleh beritadaerah sedang mempersiapkan diri untuk menyambut pembukaan lokasi wisata sejalan dengan pelonggaran pembatasan sosial. Seorang pengelola wisata daerah Garut menyatakan sekarang sudah bersiap-siap. Pengusaha kapal wisata di Labuan Bajo juga sudah bersiap-siap dan dari Jatim Park di Kota Batu juga sedang bersiap untuk membuka kembali lokasi wisata.

Ketua Gabungan Industri Pariwisata Indonesia (GIPI) Jawa Timur, Gondo Hartono kepada media mengatakan, usaha untuk pembukaan kembali memerlukan persiapan agar bisa berjalan normal. Menurutnya, meski tempat wisata sekarang telah diijinkan dibuka kembali namun pembatasan jumlah pengunjung memerlukan perhitungan khusus untuk kalkulasi untung rugi.

Destinasi wisata sedang memikirkan akan hal ini untuk dapat menjalankan layanan kepada masyarakat bagaimana caranya agar tetap menjalankan usaha dengan maksimal sementara ada penurunan di jumlah pendapatan dan peningkatan tariff pada saat ini masih belum memungkinkan.

Wisata juga memiliki resiko yang lebih besar menjadi media penyebaran Covid-19, sebab jumlah pengunjung yang banyak menjadi kumpulan orang, dan bisa terjadi interaksi yang dekat satu dengan yang lain. Penerapan protokol kesehatan merupakan suatu keharusan untuk menghindarkan penyebaran yang lebih luas.

Tantangan untuk pembukaan kembali tempat wisata bagi perilaku industri terbilang cukup banyak, namun pembukaan bisa segera dimulai untuk daerah-daerah yang sudah aman menurut standard WHO.

 

Emy T/Journalist/BD
Editor: Emy Trimahanani

About The Author

Editor of Vibiz Media Network and Head of Vibiz Learning Center

Related Posts