Presiden Joko Widodo mengunjungi Kantor Gugus Tugas Percepatan Covid-19 di Graha Graha Badan Nasional Penanggulangan Bencana, pada Rabu 10 Juni 2020. (Foto: Biro Setpres)

Presiden Jokowi: Perlu Prakondisi dan Tahapan Ketat Menuju Normal Baru

(Beritadaerah – Nasional) Presiden Joko Widodo (Jokowi) hari ini (10/6) melakukan kunjungan kerja secara fisik ke Kantor Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 di Graha Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), di Jakarta.

Setelah mendengarkan dan menyaksikan presentasi update dari Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Presiden Jokowi menyampaikan apresiasi dan rasa terimakasih kepada seluruh tim Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 dari Pusat sampai de daerah-daerah. Juga kepada para dokter dan tim medis, para personil TNI dan Polri yang telah bekerja keras yang penuh dedikasi dan pengabdian, dalam menangani pandemi Covid-19 ini.

Presiden Jokowi mengingatkan bahwa tugas besar kita ini belum selesai karena ancaman Covid-19 masih ada dan kondisi masih dinamis. Ada daerah yang kasus barunya turun, tapi ada juga daerah yang kasus barunya meningkat, ada juga yang sudah nihil. Jangan sampai terjadi gelombang penularan yang kedua.

Juga disampaikan apresiasi kepada Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 yang memiliki data terintegrasi dan selalu update dalam hal informasi Covid-19.

Terkait kondisi menuju tatanan baru masyarakat yang produktif dan aman Covid-19, Presiden Jokowi memerintahkan jajarannya dan gugus tugas percepatan penanganan Covid-19 pusat dan daerah, agar dalam pembukaan suatu daerah melalui tahapan-tahapan yang ketat.

“Harus melalui tahapan-tahapan, hati-hati jangan sampai ada kesalahan kita memutuskan sehingga terjadi kenaikan kasus di sebuah daerah karena tahapan-tahapan tidak kita kerjakan secara baik,” ungkap Presiden Jokowi.

Presiden mengingatkan pentingnya melakukan prakondisi yang ketat yang disertai dengan sosialisasi kepada masyarakat untuk menjalankan protokol kesehatan mengenai penggunaan masker, menjaga jarak, mencuci tangan dengan sabun dan menghindari kerumuman.

Dikatakan oleh Presiden: “Saat kita masuk ke dalam tatanan normal baru kedisiplinan warga itu sudah betul-betul siap. Prakondisi yang kita siapkan, disiplin pakai masker, jaga jarak aman, sering cuci tangan, hindari kerumunan dan meningkatkan imunitas terus harus kita sampaikan kepada masyarakat”.

Kepada Panglima TNI dan Kapolri, Presiden Jokowi memerintahkan untuk menghadirkan aparat di titik-titik keramaian di daerah. Tujuannya untuk mengingatkan warga agar disiplin mematuhi protokol Kesehatan yang ditetapkan pemerintah.

Emy T/Journalist/BD
Editor: Emy Trimahanani

About Emy Trimahanani

Editor of Vibiz Media Network and Head of Vibiz Learning Center