(Beritadaerah – Jawa) Kabupaten Karawang dikenal sebagai salah satu daerah yang menjadi lumbung padi nasional. Menurut data dari Badan Pusat Statistik (BPS) luas areal produksi padi di Karawang pada tahun 2015 adalah sebesar 137.199 hektare. Sedangkan untuk produksi padi pada tahun 2015 tercatat 1.188.633 ton atau menduduki peringkat kedua di bawah Kabupaten Indramayu yakni 1.294.158 ton.

Dalam kunjungan kerjanya ke dua daerah di Jawa Barat yakni Karawang dan Subang, Sabtu (6/6), Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo (SYL) melakukan panen padi serta memberikan sejumlah bantuan, seperti  Alsintan , Asuransi  dan KUR.

Dalam kesempatan itu, Mentan SYL menyampaikan betapa pentingnya pertanian.  Maka dengan kebersamaan dan kepaduan dari semua pihak untuk melakukan keberpihakan pada pertanian agar dapat bergerak dan berakselerarsi dengan cepat mengupayakan seluruh kekuatan petani untuk memenuhi pangan negeri. 

“Tanpa pangan, semua urusan menjadi sia-sia. Pertanian sangat penting sangat mendasar untuk diurusi semua pihak. Dengan pangan masalah rakyat bisa diselesaikan. Kalau menghadapi COVID-19 kita bisa jaga jarak, bisa pakai masker, dan minum vitamin, tapi tanpa pangan bisa lebih berbahaya. Tanpa pangan tidak ada imunitas untuk melawannya. Tanpa pangan bisa terjadi kelaparan dan itu jauh lebih berbahaya,” kata Menteri Pertanian dikutip laman Pertanian, Senin (8/6).  

Mentan SYL meminta semua pihak untuk memberi dukungan kepada pertanian dan juga menyampaikan jika dunia akan menghadapi sejumlah tantangan di masa depan. Selain Corona yang telah menghancur sendi kehidupan dan perekonomian, ancaman kedua adalah kekeringan panjang. Dampaknya adalah krisis pangan. 

Ditambahkan oleh Mentan bahwa jawaban dari semua tantangan ini adalah pertanian. Pandemi Corona, ekonomi dan lainnya, bisa dijawab dengan pertanian. Dan Saya hadir di Karawang untuk memastikan itu tidak masalah. Karena Karawang adalah jantung pangan di Jawa Barat. 

Sementara itu Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum dalam sambutannya juga mengatakan jika pertanian sangat penting. Karena, pertanian adalah penghasil pangan. Kehadiran Mentan saya harap membawa dampak positif buat keberlangsungan pertanian Jawa Barat. Apalagi Jawa Barat adaah penghasil padi kedua nasional.

Turut hadir bersama dengan Menteri Pertanian dalam kunjungan kerjanya yakni Panglima Kodam III Siliwangi, Wakil Gubernur Jabar, Kapolda Jawa Barat, juga Wakil Ketua Komisi IV DPR RI, dan Bupati Karawang.

Handi Fu/Journalist/BD
Editor: Handi Fu

About The Author

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.