Labuan Bajo dan Taman Nasional Komodo di Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (Foto: Fajar AD/ Beritadaerah)

Taman Nasional Komodo dan Labuan Bajo Dibuka 15 Juni 2020

(Beritadaerah – Wisata Nusantara) Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur sudah merencanakan akan kembali mengijinkan wisatawan masuk ke destinasi wisata Labuan Bajo dan Taman Nasional Komodo di Manggarai Barat pada 15 Juni 2020. Kepala Dinas Pariwisata Provinsi NTT Wayan Darmawa telah menyatakan kabar baik ini yang ditunggu oleh seluruh pelaku usaha dan masyarakat. Pembukaan ini dilakukan dengan pembatasan-pembatasan antara lain bahwa mereka yang mau berwisata, harus membawa surat bukti sehat Covid-19.

Labuan Bajo khususnya Taman Nasional Komodo sudah ditutup oleh pemerintah selama masa pandemi Covid-19. Pulau Kanawa adalah salah satu pulau yang menjadi destinasi andalan Labuan Bajo. Beritadaerah menghubungi Eduardus, manager pulau Kanawa dan ia menyampaikan bahwa tidak ada satu pun pengunjung yang datang ke pulau Kanawa. Taman Nasional Komodo hanya memperbolehkan nelayan untuk mencari ikan di sekitar kawasan.

Kapal yang bisa disewa oleh wisatawan di Labuan Bajo dan Taman Nasional Komodo di Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (Foto: Fajar AD/Beritadaerah)

Keputusan berat ini memang berdampak pada seluruh rantai pelaku usaha wisata dari masyarakat, pengusaha, pemerintah yang bergantung pada bisnis ini. Eduardus mesti bertahan di pulau dengan satu orang karyawan lain dan hidup dari hasil pulau. Beritadaerah juga menghubungi Fandi pengusaha sewa kapal untuk wisata, mengalami dampak juga dengan sepinya wisatawan yang berkunjung.

Suasana senja di pantai Labuan Bajo di Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (Foto: Fajar AD/ Beritadaerah)

Kabar baik untuk rencana membuka kawasan Taman Nasional Komodo pada tanggal 15 Juni 2020 ini menyenangkan para pelaku usaha seperti Eduardus, Fandi dan rangkaian lainnya hingga maskapai penerbangan yang merupakan pendukung usaha wisata Indonesia.

Emy T/Journalist/BD
Editor: Emy Trimahanani

About Emy Trimahanani

Editor of Vibiz Media Network and Head of Vibiz Learning Center