Kementerian PUPR Selesaikan Gedung Laboratorium Politeknik Negeri Padang

(Beritadaerah – Nasional) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah melanjutkan beberapa proyek pembangunan infrastruktur yang sempat terhenti. Salah satunya adalah melanjutkan pembangunan Gedung Laboratorium dan Bengkel Elektro Politeknik Negeri Padang, Sumatera Barat yang sempat terhenti pada 2016.

Gedung Laboratorium dan Bengkel Elektro Politeknik Negeri Padang yang mangkrak dari 1 lantai, saat ini telah menjadi 3 lantai seluas 1.512 m2. Selain menyelesaikan konstruksi gedung, Kementerian PUPR juga menambahkan fasilitas penunjang seperti tram untuk difabel, CCTV, AC dan ruang kelas belajar. Pembangunan gedung senilai Rp 7,8 miliar ini dilakukan pada 2019 dan dapat diselesaikan dalam waktu 4,5 bulan.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono sampaikan upaya dari Kementerian PUPR adalah ikut mendukung pembangunan sumber daya manusia (SDM) unggul yang merupakan salah satu program prioritas Presiden Joko Widodo dan Wapres Ma’ruf melalui pembangunan fasilitas pendukungnya.

“Kita lanjutkan pembangunan sarana pendidikan guna mendukung peningkatan kualitas SDM. Manfaatkan fasilitas yang sudah dibangun. Generasi mendatang harus lebih pintar karena fasilitasnya lebih baik,” kata Menteri Basuki yang dikutip laman PU.go.id, Selasa (2/6).

Pada 18 Februari 2020, gedung ini telah diserahkelolakan kepada Politeknik Negeri Padang untuk segera dapat dimanfaatkan untuk kegiatan belajar mengajar melalui skema tatanan normal baru atau new normal.

Sementara Direktur Politeknik Negeri Padang Surfa Yondri mengucapkan terima kasih kepada Presiden Joko Widodo dan Kementerian PUPR. Selain itu juga Surfa menaikan rasa syukur karena gedung yang pembangunannya sempat terhenti kini sudah selesai. Mudah-mudahan dengan adanya gedung ini kegiatan belajar mengajar dapat ditingkatkan dan kapasitas gedung ini juga bisa menambah daya tampung kita di Politeknik Negeri Padang.

Pembangunan Gedung Laboratorium dan Bengkel Elektro Politeknik Negeri Padang merupakan 1 dari 4 perguruan tinggi di Sumatera Barat yang direhabilitasi dan rekonstruksi oleh Kementerian PUPR. Tiga perguruan tinggi lainnya adalah Institut Seni Indonesia (ISI) Padangpanjang, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar dan Politeknik Pertanian Negeri Payakumbuh.

Kementerian PUPR bekerja sama dengan pemerintah daerah dan lembaga seperti penguruan tinggi untuk melakukan pendataan terhadap bangunan gedung yang mangkrak atau terhenti. Selanjutnya Kementerian PUPR akan melakukan kajian untuk menyelesaikan proyek pembangunan infrastruktur yang berhenti tersebut.

Handi Fu/Journalist/BD
Editor: Handi Fu

About Fu Handi

Fu Handi is a Partner of Management and Technology Services at Vibiz Consulting and Editor of beritadaerah.co.id. He is also working as trainer and consultant at LEPMIDA (Regional Investment and Management Development Institute).