(Beritadaerah – Jakarta) Menurut Asosiasi Game Indonesia (AGI) pertumbuhan industri game di Indonesia setiap tahunnya mengalami pertumbuhan yang sangat baik mencapai 20% -30%. Dalam upaya memberi kesempatan para developer (pengembang) game lokal untuk berkarya menciptakan game (permainan) edukatif, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif bekerja sama dengan AGI menggelar program “Game Lokal Kreasi Indonesia (Gelora) 2020”.
Kemenparekraf/Baparekraf mengajak para pengembang game untuk berani mengajukan ide-ide mereka dalam membuat game, hal ini disampaikan oleh Plt. Deputi Bidang Ekonomi Digital dan Produk Kreatif Kemenparekraf/Baparekraf Josua Simandjuntak dalam peluncuran Gelora 2020.
“Kami ingin memberikan sebuah tantangan sekaligus stimulus bagi para developer game lokal untuk merealisasikan ide-ide mereka dan menjadikan game tersebut menjadi sebuah karya untuk kita nikmati bersama,” kata Josua Simandjuntak dalam siaran persnya kepada Beritadaerah.co.id, Rabu (27/5).
Josua mengatakan, game merupakan salah satu media yang tidak hanya menjadi sarana hiburan tapi juga sekaligus media informasi dan edukasi. Untuk itu dalam Gelora 2020 pihaknya menyaratkan ide game yang diajukan harus terkait dengan edukasi mengenai COVID-19 yang mengacu ke dokumen resmi dari Kementerian Kesehatan.
Harapannya agar masyarakat nantinya tidak hanya mendapatkan hiburan namun juga teredukasi dengan cara yang menyenangkan. Pengembang game lokal yang tertarik dapat menyampaikan ide game mereka dalam bentuk dokumen proposal, video pitch dan surat pernyataan yang harus dikirimkan hingga 4 Juni 2020.
Sementara itu Direktur Industri Kreatif Film, Televisi, dan Animasi Kemenparekraf/Baparekraf Syaifullah di kesempatan yang sama menambahkan, melalui kegiatan ini diharapkan semakin menggairahkan pengembang game Indonesia untuk menghasilkan karya-karya terbaiknya.
Data dari Newzoo yang merupakan lembaga yang fokus terhadap riset dan informasi seputar dunia game menyebutkan pangsa pasar industri game di tanah air pada tahun 2018 mencapai US$ 1,1 miliar. Angka ini mengalami lonjakan dari sebelumnya US$ 655 juta pada tahun 2017.
Lewat kegiatan ini diharapkan dapat mendorong tidak hanya supply site tapi juga demand site yang mengutamakan game buatan lokal. Saat ini size di industri game sangat besar, sehingga bisa menjadi peluang bagi pemerintah untuk juga memaksimalkan komoditas berbasis kreativitas. Keterangan lebih lanjut terkait “Gelora 2020”, para pengembang dapat melihat di laman agi.or.id/gelora-2020.