Perahu, sarana transportasi masyarakat sekitar kampung Menawi, Serui, Papua (Foto: Yansen/ Kontributor BD)

Perahu, Transportasi Utama Masyarakat Sekitar Menawi, Angkaseira, Serui

(Beritadaerah – Papua) Mari kita menengok susana masyarakat Indonesia Timur khususnya di Papua. Ini dia….sebuah daerah pantai di Kampung Menawi, Distrik Angkaseira, Kepulauan Yapen, Serui, Papua. Kepulauan Yapen memiliki kekayaan keindahan alam yang luar biasa, banyak potensi wisata yang menarik untuk dikunjungi baik karena keindahannya maupun budayanya.

Dermaga sederhana berada di dekat keramaian penduduk kampung Menawi, Serui, Papua (Foto: Yansen/ Kontributor BD)

Di Kampung Menawi ini banyak masyarakat yang menggunakan perahu sebagai sarana transportasi. Namun selain masyarakat setempat, justru yang lebih banyak menggunakan perahu seperti ini adalah penduduk yang berasal dari pulau-pulau di sekitar Menawi.

Mereka berasal dari pulau Ambai dan pulau Saweru, mayoritas adalah mereka yang tinggal di pulau Ambai. Penduduk di pulau Ambai karena hampir semua masyarakat yang berada di sana menggunakan perahu untuk kegiatan sehari-hari.  Bagi penduduk pulau Ambai dan Saweru memang tidak ada jalan lain selain melewati laut dan banyak juga dari masyarakat nya bekerja sebagai nelayan.

Kampung nelayan di Menawi, Serui, Papua (Foto: Yansen/ Kontributor BD)

Perahu-perahu ini sebagian besar digunakan untuk menjadi transportasi utama, namun ada juga perahu tersebut yang disewakan untuk membawa penumpang yang hendak ke pulau Ambai dan Saweru, dan juga yang mau menuju ke kota Serui dan sekitarnya.

Ukuran perahu yang digunakan ada berbagai macam, dari yang panjangnya 3 meter sampai 6 meter, tapi lebih banyak yang 3 meter. Pada umumnya untuk perahu dengan ukuran panjang 3 meter menggunakan tenaga pendayung. Sedangkan yang panjangnya 5 dan 6 meter mengunakan mesin untuk menjalankannya. Bahan bakar yang di gunakan untuk menjalankan mesin perahu tersebut bensin yang telah di campur dengan oli 40.

Perahu masyarakat sekitar kampung Menawi, Serui, Papua (Foto: Yansen/ Kontributor BD)

Perahu ini umumnya dipakai untuk mengangkut barang-barang kebutuhan pokok dan lain sebagainya, namun lebih banyak di gunakan untuk mengangkut ikan. Ikan-ikan tersebut diperjual belikan di pasar-pasar yang ada seperti pasar ikan di Serui dan juga di Kaboena dan juga pasar Menawi.

Photo: Yansen/ Kontributor Beritadaerah di Serui

Emy T/Journalist/BD
Editor: Emy Trimahanani

About Emy Trimahanani

Editor of Vibiz Media Network and Head of Vibiz Learning Center