Mensos saat memberikan keterangan pers usai Rapat Terbatas, Selasa (19 Mei). (Foto: Humas Setkab)

Mensos Siapkan Penyaluran Bansos Cepat, Tepat, dan Akuntabel

(Beritadaerah – Nasional) Menteri Sosial (Mensos), Juliari P Batubara mendukung pesan dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk menyalurkan bantuan sosial (bansos) dengan cepat, tepat dan akuntabel.

“Jadi memang tiga syarat ini yang kami harus lakukan. Walaupun tidak mudah terutama sisi akuntabel yang tetap kita harus perhatikan dan dilaksanakan karena ini adalah uang negara yang tentunya kita harus pertanggungjawabkan,” ujar Mensos saat memberikan keterangan pers usai Rapat Terbatas, Selasa (19/5).

Menurut Mensos, penyaluran Bansos Tunai ini sudah semuanya akan melewati PT Pos, sedangkan yang melalui rekening Himbara sudah selesai sekitar 750.000 Kepala Keluarga (KK) seluruhnya melalui rekening Bank Himbara.

“Sekarang tinggal sisanya yang melalui PT Pos. Kita sudah sepakat dengan PT Pos juga dengan Pak Menko PMK untuk target penyaluran sampai dengan hari Sabtu, satu hari sebelum lebaran, kita sudah me-lock target yang akan kita salurkan adalah sekitar 8,366 juta KK,” imbuh Mensos.

Artinya kalau dihitung dari mulai hari ini sampai nanti Sabtu, Mensos sampaikan bahwa PT Pos harus bisa menyalurkan rata-rata sekitar 800.000 KK per hari.

“Karena sampai dengan kemarin sebagai laporan, sebagai informasi buat teman-teman, sudah sebesar 3,731 juta KK, 3,731 juta KK yang sudah menerima Bansos Tunai tahap pertama sebesar Rp600.000,” ungkap Mensos.

Jadi, menurut Mensos, kurang lebih kalau 3,731 juta KK dibandingkan dengan 8,366 juta KK, itu sekitar 44,5 persen sudah tersalurkan dananya (dan) diterima oleh penerima manfaat.

“Sisanya berarti sekitar 8,3 kurang (-) 3,7 (sama dengan) kurang lebih 4,6 juta KK. Maka yang akan kita kebut penyalurannya minggu ini sampai dengan Sabtu,” imbuhnya.

PT Pos, menurut Mensos, sudah menyanggupi dengan berbagai upaya yang ingin saya sampaikan, antara lain: Pertama, membuka tambahan loket pembayaran di dalam Kantor Pos. Kedua, menaikkan jam operasional Kantor Pos sampai jam 10 malam.

Di luar kantor balai desa maupun kantor kelurahan, Juliari sampaikan bahwa Kemensos juga meminta agar Kantor Pos membuat outlet-outlet baru, khususnya untuk komunitas-komunitas tertentu yang memang memerlukan penyaluran BST atau Bansos Tunai.

Emy T/Journalist/BD
Editor: Emy Trimahanani

About Emy Trimahanani

Editor of Vibiz Media Network and Head of Vibiz Learning Center

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.