Presiden Jokowi ketika memberikan tanggapan mengenai Pelaksanaan PSBB, Kamis (7 Mei), di Istana Merdeka, Provinsi DKI Jakarta. (Foto: BPMI)

RT, RW, dan Desa Adat, Sarana Efektif Pengendalian Penyebaran Covid-19

(Beritadaerah – Nasional) Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan pengantar pada Rapat Terbatas (Ratas) melalui konferensi video dari Istana Merdeka, Provinsi DKI Jakarta, Senin (18/5). Salah satu hal yang disampaikan bahwa pengendalian penyebaran Covid-19 paling efektif adalah unit masyarakat yang paling bawah yakni pada tingkat Rukun Tetangga (RT), Rukun Warga (RW), maupun desa adat.

“Laporan yang saya terima dari para Gubernur baik yang menerapkan PSBB maupun yang tidak menerapkan PSBB, memang kesimpulannya adalah yang paling efektif dalam pengendalian penyebaran Covid ini adalah unit masyarakat yang paling bawah,” tutur Presiden Jokowi.

Presiden meminta kepada menteri yang terkait dengan dan seluruh kepala daerah untuk memperkuat Gugus Tugas di tingkat RT, RW atau desa atau misalnya di Bali ada Desa Adat.

“Ini penting sekali, ini kunci. Kuncinya ada di sini, Gugus Tugas di tingkat RT, RW, atau desa atau desa adat,” tandas Presiden.

Pada kesempatan tersebut Presiden juga meminta agar pengawasan protokol kesehatan di klaster industri makin ditingkatkan. “Klaster industri perlu dilihat karena ini ada 1-2 yang mulai masuk ke sana,” pungkas  Presiden.

Emy T/Journalist/BD
Editor: Emy Trimahanani

About Emy Trimahanani

Editor of Vibiz Media Network and Head of Vibiz Learning Center