(Beritadaerah – Nasional) Presiden Joko Widodo (Jokowi) hari Kamis (14/5) melalui daring dari Istana Merdeka, memberikan kata sambutan acara Peresmian Gerakan Nasional #BanggaBuatanIndonesia. Pada kesempatn tersebut Presiden menyampaikan bahwa Pandemi Covid-19 tidak menghalangi untuk berkreasi, keterbatasan justru mendorong untuk tetap berinovasi, bertransformasi, menggali potensi diri, dan menciptakan peluang-peluang.

Menurut Presiden, perekonomian dunia mengalami tekanan yang berat dan setiap negara berjuang untuk menyelamatkan rakyatnya agar tidak terpapar, sekaligus menyelamatkan rakyatnya agar ekonominya tidak terkapar. ”Dalam kondisi seperti ini kita harus mampu bertumpu pada kekuatan kita sendiri, berdiri di atas kaki sendiri. Kita harus mampu menyelesaikan masalah dan tantangan kita sendiri. Tantangan di bidang kesehatan maupun tantangan di bidang sosial ekonomi,” imbuh Presiden.

Kepala Negara menambahkan bahwa yang kurang, yang lemah tentu saja harus segera diperbaiki dan yang menjadi kekuatan harus dimanfaatkan. ”Saya bersyukur negara dan bangsa kita memiliki banyak kekuatan, banyak karya-karya hebat, banyak produk-produk yang berkualitas yang kita hasilkan, yang lahir dari tangan saudara-saudara kita yang memiliki talenta-talenta yang hebat,” ungkap Presiden.

Di bidang kesehatan, untuk mempercepat penanganan Covid-19, Indonesia telah berhasil mengembangkan PCR test kit, Rapid Diagnostic Test (RDT), kemudian ventilator, dan Mobile ESL 2. ”Dan kita harapkan ini pada akhir Mei ini semua inovasi-inovasi tersebut sudah bisa diproduksi secara massal. Sehingga kita tidak tergantung pada produk-produk impor dari negara lain,” terang Presiden.

Presiden sampaikan banyak lagi karya-karya dan produk-produk Indonesia yang membanggakan. Di antaranya adalah produk-produk industri kreatif dalam negeri dengan desain dan kualitas yang tidak kalah dengan produk-produk luar negeri.

”Banyak produk-produk bermutu, berkualitas yang dihasilkan oleh para industri rumahan kita, para petani kita, para nelayan kita yang dihasilkan oleh industri dalam negeri kita,” jelas Presiden.

Produk-produk ini, menurut Presiden, harus menjadi kebanggaan, menumbuhkan kepercayaan diri sebagai sebuah bangsa yang besar, bangsa yang bangga terhadap hasil karya bangsanya sendiri, bangsa yang bangga kepada kreativitas dan inovasi anak bangsa sendiri.

Emy T/Journalist/BD
Editor: Emy Trimahanani

About The Author

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.