(Beritadaerah – Papua) Panen raya padi sawah kembali dilakukan oleh Pemerintah Daerah Kabipaten Merauke dan petani pada lahan seluas 15 hektar di SP. 9 Kampung Yabamaru, Distrik Tanah Miring, hari Selasa (12/5).

Bupati Merauke Frederikus Gebze, membuka pelaksanaan panen raya tersebut disertai dengan kegiatan video conference bersama Menteri Pertanian R.I yang diikuti seluruh Gubernur dan Bupati se-Indonesia.

Freddy dalam laporannya sekaligus meminta dukungan pemerintah pusat melalui Menteri Pertanian untuk penambahan alat mesin pertanian sejumlah 60 unit combain harvester. “Luas lahan dan hasil panen petani Merauke terus meningkat, jadi kami minta bantuan combain sebanyak 60 unit untuk Merauke,” ujar Freddy dalam Vicon di lahan panen. Menteri Pertanian akan menindaklanjuti kebutuhan khusus alat pertanian berupa Combain ini.

Pada kesempatan yang sama, dilaporkan beras petani Merauke selama masa pandemi Covid-19 ini sudah dikirim ke berbagai kabupaten dan kota di provinsi Papua. Untuk itu, guna mendukung proses dan mempertahankan kualitas beras yang baik diperlukan dukungan peralatan tani yang memadai.

Pada masa pandemi Covid-19 ini, justru membuktikan bahwa Merauke sebagai lumbung padi di Papua, tetap menghasilkan dan belum lama ini Bulog Merauke sudah kirim beras ke Jayapura dan Timika sebanyak kurang lebih 2000 ton.

Kegiatan panen raya itu, juga dihadiri Kapolres, Dandim 1707, Ketua DPRD dan anggota, Danramil Merauke, Kapolsek Tanah Miring, Kepala Dinas Pertanian, Kasatpol PP, Kepala Bank Papua, Kabulog, Kepala Distrik Tanah Miring, Kepala Kampung Yaba Maru, Babinsa Yaba Maru, Bhabinkamtibmas Yaba Maru, Ketua kelompok Tani, dan para petani Kampung Yaba Maru..

Bupati Merauke mengajak para petani untuk semangat bertani dengan meningkatkan hasil panen dan kualitas beras. Dalam aktivitas setiap hari tetap mengikuti protokol Covid-19 dan menjaga kesehatan dan kebersihan agar tetap sehat.

Emy T/Journalist/BD
Editor: Emy Trimahanani

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.