Ilustrasi Peternakan Ayam (Foto: Wikipedia)

Kementan Gandeng Tokopedia Jual Produk UMKM Peternakan

(Beritadaerah – Nasional) Kementerian Pertanian (Kementan) melalui Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan (PKH), melakukan kerjasama untuk memfasilitasi produk peternakan yang dikelola mandiri maupun oleh para pelaku UMKM.

Kerjasama dilakukan dengan menggandeng perusahaan e-commerce Tokopedia sebagai akses ke pemasaran online.

Jalinan kerjasama ini diyakini dapat meningkatkan pemasaran produk pertanian serta memutus rantai panjang yang menghambat penjualan. Demikian menurut penjelasan Dirjen PKH Kementan, I Ketut Diarmita.

“Yang paling penting, kerjasama ini bisa meningkatkan pendapatkan para peternak mandiri,” ujar Diarmita saat melakukan pendatanganan MoU dengan Tokopedia, di Kantor Pusat Kementan Jakarta, Senin (20/4/2020).

Penandatanganan kerjasama dengan penyedia jasa layanan pemasaran online, dilakukan juga oleh Kementan dengan perusahaan Blibli, Gojek dan Grab. Selain itu, kerjasama juga dilakukan dengan mitra peternakan usaha daging dan telor unggas termasuk ayam ras, daging sapi dan susu dengan perjanjian percepatan pendistribsian ke masyarakat yang saat ini sebagai besar berada di rumah.

“Selain itu, kami juga melakukan perjanjian dengan perusahan start up dalam upaya mencarikan peluang pasar bagi para peternak agar dapat meningkatkan pendapatan mereka,” karanya.

Upaya ini dilakukan sambil menunggu pelaksanaan rencana pembelian 12 juta ekor ayam ras boiler yang sudah sesuai dengan amanat Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 7 Tahun 2020.

Salah satu pelaku UMKM pengolahan daging ayam, Devi Maharani mengaku tertolong dengan terjalinnya kerjasama antara Kementan dan Tokopedia. Ia berharap kerjasama tersebut dapat memudahkan penjualan hingga ke seluruh elemen masyarakat.

Dengan kerjasama ini Devi merasa tertolong sekali karena bisa mendongkrak orderan melalui Tokopedia. Diharapkan kerjasama ini berlanjut sampai berakhirnya masa pandemi Covid-19.

Emy T/Journalist/BD
Editor: Emy Trimahanani