(Beritadaerah – Jakarta) Biro Komunikasi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf) meraih Platinum Awards, apresiasi tertinggi di ajang PR Indonesia Awards (PRIA) 2020. Ceremony PR Indonesia Awards (PRIA) 2020 dilaksanakan secara online lewat kanal YouTube PR Indonesia Magazine pada Senin (20/4).

PR Indonesia Awards merupakan kompetisi yang mengapresiasi kinerja humas/ public relations yang unggul dari korporasi/organisasi seluruh Indonesia. PR Indonesia merupakan penyelenggara beragam aktivitas terkait dunia kehumasan. PRIA 2020 mencerminkan pencapaian tertinggi kinerja komunikasi korporasi atau organisasi.

Dalam PRIA 2020, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif meraih sejumlah penghargaan seperti Silver Winner untuk Sub Kategori Aplikasi (Wisata Tangguh), Silver Winner untuk Sub Kategori Media Sosial dan dua Gold Winner untuk Sub Kategori Media Cetak (Ragam Pesona Edisi II dan Ragam Pesona Edisi III). Selain itu penghargaan Gold Winner untuk Sub Kategori E-Magazine (Pesona Edisi III 2019) serta Gold Winner untuk Sub Kategori Krisis.

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif juga masuk dalam The Most Popular in Media Awards Category Mainstream Media Monitoring, sehingga ditetapkan sebagai peraih Platinum Awards untuk kategori Kementerian di PRIA 2020.

Penghargaan tersebut menjadi motivasi tersendiri bagi Biro Komunikasi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif untuk meningkatkan kinerja ke depan demikian yang disampaikan oleh Kepala Biro Komunikasi Kemenparekraf/Baparekraf Agustini Rahayu usai melihat Ceremony PRIA 2020 secara online.

“Keberhasilan Humas Kemenparekraf ini dihasilkan dari kinerja yang sungguh-sungguh dalam pelayanan publik. Mudah-mudahan apa yang kita lakukan selama ini dapat dipertahankan dan lebih inovatif lagi dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat,” kata Agustini Rahayu dalam siaran persnya kepada Beritadaerah.co.id, Selasa (21/4).

Catatan positif Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif di ajang PR Indonesia Awards sudah tertorehkan sejak 2017. Ketika itu Kementerian Pariwisata (Kemenpar) meraih pemenang utama PR Indonesia Awards kategori media relation, sub kategori Kementerian.

Di ajang PRIA 2018, Kementerian Pariwisata berhasil meraih penghargaan PRIA untuk 3 kategori, yaitu Kementerian Terpopuler di Media 2017, kategori Media Internal Cetak (Ragam Pesona), dan kategori E-Magazine.

Sedangkan pada tahun lalu, Kementerian Pariwisata meraih lima penghargaan yakni untuk kategori E-Magazine, kategori Pra Krisis, kategori media cetak, kategori media sosial, dan Kementerian Terpopuler di media selama tahun 2018.

Sementara itu Asmono Wikan selaku Founder dan CEO PR Indonesia mengatakan, hari-hari ini Indonesia sedang mengalami krisis akibat pandemi global COVID-19. Dalam situasi seperti sekarang ini, komunikasi sangat penting maknanya untuk dapat mencerahkan dan memberi harapan bagi publik untuk lekas bangkit dari krisis.

Handi Fu/Journalist/BD
Editor: Handi Fu

About The Author

Fu Handi is a Partner of Management and Technology Services at Vibiz Consulting and Editor of beritadaerah.co.id. He is also working as trainer and consultant at LEPMIDA (Regional Investment and Management Development Institute).

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.